Analisis Peran Ekonomi Kreatif Pada Masyarakat Dalam Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Masyarakat Kabupaten Pringsewu)

FATIH, FUADI Analisis Peran Ekonomi Kreatif Pada Masyarakat Dalam Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Masyarakat Kabupaten Pringsewu). JIBER. (Submitted)

[img] HTML
Download (39kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemiskinan pedesaan yang menjadi masalah utama dalam proses pelaksanaan pembangunan di daerah pedesaan, karena sebagian besar penduduk miskin bermukim diwilayah pedesaan, maka pembangunan pedesaan sebagai bagian dari pembangunan. Ekonomi kreatif merupakan konsep ekonomi baru yang memadupadankan informasi dan kreatifitas yang mengandalkan ide, gagasan, dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi. Terdapat 14 subsektor Industri kreatif yang salah satunya adalah pertanian. Ekonomi kreatif yang berada pada Desa waringin sari ini merujuk pada industri buah naga, Petani yang memproduksi buah naga ini merupakan para rumah tangga sebagai upaya peningkatan kesejahteraan salah satunya meningkatkan pendapatan keluarga. Permasalahan dalam penelitian ini mengarah pada peran ekonomi kreatif dalam peningkatan pendapatan rumah tangga melalui usaha budi daya buah naga di Desa Waringin Sari Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu, dan ekonomi kreatif dalam peningkatan pendapatan rumah tangga di tinjau dari prespektif ekonomi Islam. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat kualitatif, dengan menggunakan populasi 30 petani buah naga ditambah dengan satu orang pengepul dan aparatur desa sebagai informan. Dari analisis data dapat di simpulkan bahwa berdasarkan wawancara yang di lakukan dengan para petani buah naga di Desa Waringin Sari Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu., dengan adanya ekonomi kreatif memiliki peran penting bagi petani, dilihat dari 30 responden 9 orang pengrajin mengalami peningkatan pendapatan, 18 orang pengrajin stabil, dan 3 orang pengrajin mengalami penurunan ditahun 2016. Sementara itu, untuk kajian dalam Islam, para pengrajin telah memenuhi proses produksi, pasar pemasaran, kebijakan pemerintah, kondisi ekonomi, lingkungan dan kemitraan. Namun belum memenuhi pada indikator manajemen dan keuangan yang baik. Kata Kunci : Ekonomi Kreatif, Pendapatan Rumah Tangga

Item Type: Article
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Users 1187 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2019 04:57
Last Modified: 12 Apr 2019 04:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/6336

Actions (login required)

View Item View Item