UPAYA MENINGKATKAN FUNGSI MASJID AL-HIDAYAH SEBAGAI TEMPAT PENDIDIKAN ISLAM BAGI REMAJA DI DESA ADIJAYA KECAMATAN TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH

Aditya, Titin (2017) UPAYA MENINGKATKAN FUNGSI MASJID AL-HIDAYAH SEBAGAI TEMPAT PENDIDIKAN ISLAM BAGI REMAJA DI DESA ADIJAYA KECAMATAN TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Masjid merupakan pusat kebudayaan tertua bagi umat islam. Dalam islam masjid sebagai simbol dan sarana yang esensial sebagai wadah pengembangan islam. Selain sebagai tempat rutinitas ibadah, masjid juga sebagai wadah kegiatan pendidikan islam bagi lingkungan sekitarnya yang bersifat non formal. Dalam rangka memfungsikan masjid sebagai tempat ibadah maupun tempat pendidikan , maka perlu diperlukan upaya untuk meningkatkan fungsi masjid tersebut, agar masjid yang ada dapat dijadikan tempat untuk mendidik masyarakat yang mengarah kepada pembentukan keimanan dan kepribadian masyarakat islam.Berkaitan dengan hal diatas, maka di Desa Adijaya terdapat masjid Al-Hidayah yang merupakan peningkatan fungsi masjid sebagai tempat pendidikan islam bagi remaja. Kendati masjid telah difungsikan sebagai tempat pendidikan islam bagi remaja oleh pengelola masjid namun hasil yang dicapai dirasa belum optimal, hal ini diindikasikan dari setengah jumlah remaja yang ada dilingkungan masjid Al-Hidayah kurang aktif dalam mengikuti pendidikan islam yang ada di masjid. Berawal dari masalah diatas, maka penulis tertarik melakukan penelitian mengenai upaya meningkatkan fungsi masjid Al-Hidayah sebagai tempat pendidikan islam bagi remaja di desa Adijaya. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi upaya peningkatan fungsi masjid sebagai tempat pendidikan islam bagi remaja didesa Adijaya belum berhasil.Dalam pengumpulan data yang diperlukan, penelitian ini menggunakan metode intervieu sebagai metode pokok, kemudian metode observasi, dan dokumentasi sebagai metode pendukung sedangkan metode analisa data penulis gunakan secara induktif dimana hal-hal yang bersifat khusus ditarik kesimpulan kehal-hal yang bersifat umum.Berdasarkan hasil analisa diatas, maka dapat disimpulkan bahwa upaya-upaya yang dilakukan oleh pengurus dan ustadz di masjid Al-Hidayah dalam meningkatkan fungsi masjid sebagai tempat pendidikan islam bagi remaja di desa Adijaya sebagai berikut: 1. Penyedian sarana dan prasarana yang cukup memadai 2. Perekrutan tenaga pengajar yang kompeten 3. Memotivasi remaja 4. Menanamkan nilai-nilai keislaman dalam jiwa anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 15 May 2017 07:15
Last Modified: 15 May 2017 07:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/631

Actions (login required)

View Item View Item