FUNGSI PONDOK PESANTREN SALAFIAH NURUL IMAN DALAM PEMBINAAN AKHLAQ SANTRI DI DESA SUKA MAJU KECAMATAN KASUI KABUPATEN WAY KANAN

Suherna, S (2017) FUNGSI PONDOK PESANTREN SALAFIAH NURUL IMAN DALAM PEMBINAAN AKHLAQ SANTRI DI DESA SUKA MAJU KECAMATAN KASUI KABUPATEN WAY KANAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKIRPSI_LENGKAP__HERNA.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembinaan akhlaq merupakan tumpuan pertama dalam Islam. Hal ini dapat dilihat dalam misi kerasulan Nabi Muhammad SAW yang utama adalah untuk menyempurnakan akhlaq yang mulia. Pondok Pesantren Salafiah Nurul Iman Desa Suka Maju Kecamatan Kasui Kabupaten Way Kanan telah menjalankan fungsinya dalam pembinaan akhlaq santri, namun peran tersebut belum sepenuhnya terlaksana secara optimal, hal tersebut diindikasikan dengan masih ada santri yang melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak sesuai dengan nilai ajaran Islam. Kondisi inilah yang menarik bagi penulis untuk dibahas sehingga penulis mengajukan rumusan masalah “Faktor Apa Yang Menyebabkan Pondok Pesantren Salafiah Nurul Iman Belum Berhasil dalam Membina Akhlaq Santri di Desa Suka Maju Kecamatan Kasui Kabupaten Way Kanan”?. Tujuan penelitian adalah faktor apa saja yang menyebabkan pondok pesantren belum berhasil dalam membina akhlaq santri di Pondok Pesantren Salafiah Nurul Iman Desa Suka Maju Kecamatan Kasui Kabupaten Way Kanan. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan analisa kualitatif deskriptif.Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh santri di Pondok Pesantren Salafiah Nurul Iman Desa Suka Maju Kecamatan Kasui Kabupaten Way Kanan yang sering melakukan perbuatan yang mencerminkan akhlaq yang buruk dan tidak sesuai dengan ajaran agama Islam berjumlah 40 orang. Adapun hasil dari penelitian tentang fungsi Pondok Pesantren dalam pembinaan akhlaq santri yaitu bahwa peran yang telah dilakukan oleh ustadz dan ustadzah dalam membina akhlaq santri yaitu dengan menjalankan peran nya sebagai lembaga Pondok Pesantren yaitu dengan mengadakan kajian-kajian intensif keislaman tentang aqidah, akhlaq, ibadah muamalah dan mengadakan bimbingan baca tulis Al-Qur‟an, memberikan suri tauladan atau contoh perbuatan yang baik dalam kehidupan sehari-hari, menanamkan kebiasaan untuk berbuat baik, melalui teguran, pemberian hukuman dan pemberian hadiah untuk memotivasi santri berbuat baik. Dan adapun faktor penghambat dalam pembinaan akhlaq santri adalah teman bergaul, keadaan lingkungan pondok, semakin maju nya teknologi, kurang nya sistem penjagaan, kurangnya motivasi dalam diri santri, sehingga kurang aktifnya santri ketika mengikuti pembinaan akhlaq.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 15 May 2017 03:24
Last Modified: 15 May 2017 03:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/630

Actions (login required)

View Item View Item