Jalur Seleksi Masuk PTKIN dan Asal Sekolah dalam Memprediksi Prestasi Belajar Mahasiswa Menggunakan Model Regresi Dummy

Nanang, Supriadi (2018) Jalur Seleksi Masuk PTKIN dan Asal Sekolah dalam Memprediksi Prestasi Belajar Mahasiswa Menggunakan Model Regresi Dummy. Al-Jabar, 10 (02). ISSN 2540-7562

[thumbnail of ABSTRAK.docx] HTML
Download (20kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan model terbaik dan memberi rekomendasi bagi pemangku kebijakan dalam memprediksi prestasi belajar mahasiswa berdasarkan tes seleksi masuk dan asal sekolah pada PTKIN menggunakan regresi dummy. Penelitian ini dilakukan dengan mengunakan data seluruh mahasiswa UIN Raden Intan Lampung angkatan 2017 atau semester tiga yang berasal dari Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) pada PDIPT. Kombinasi model yang dianalisis dikelompokkan menjadi dua yaitu, kelompok seluruh mahasiswa UIN Raden Intan dan kelompok mahasiswa prodi-prodi sains UIN Raden Intan, dengan masing-masing kelompok menggunakan Sembilan model. Hasil dari analisis ke delapan belas model tersebut dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Model terbaik dengan regresi dummy dalam memprediksi prestasi belajar mahasiswa UIN Raden Intan Lampung sampai dengan semester tiga yaitu , artinya prestasi belajar mahasiswa UIN Raden Intan Lampung diprediksi lebih baik jika jalur Masuk melalui UM Lokal, berasal dari Pondok Pesantren dan jurusan Madrasah Aliyah; 2) Model terbaik dengan regresi dummy dalam memprediksi prestasi belajar mahasiswa prodi-prodi sains UIN Raden Intan Lampung sampai dengan semester tiga yaitu , artinya prestasi belajar mahasiswa prodi-prodi sains UIN Raden Intan Lampung diprediksi lebih baik jika jalur Masuk melalui SPAN, berasal dari sekolah negeri dengan jenis Sekolah Menengah Pertama. Kata Kunci: Jalur Masuk PTKIN, Asal Sekolah, Regresi Dummy

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Users 1187 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2019 02:49
Last Modified: 11 Apr 2019 02:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/6296

Actions (login required)

View Item View Item