Jamal, Fakhri RELASI MADRASAH DAN POLITIK PENDIDIKAN DI INDONESIA. Al-Tdzkiyyah. (Submitted)
HTML
Download (19kB) |
Abstract
Abstract Eksistensi madarasah saat ini adalah hasil dari proses dialektika yang panjang dan berkelanjutan. Keberhasilan madrasah beradaptasi dengan setting sosial budaya di Indonesia, mengindikasikan bahwa madrasah memiliki kemampuan untuk menghadapi realitas perkembangan politik di Indonesia. Persoalannya, dalam proses dialektika tersebut, ada implikasi pada eksistensi madrasah dan kurikulum madrasah di Indonesia. Dengan pendekatan sosio-historis dan metode deskriptif kualitatif, tulisan ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana implikasi politik pada kurikulum madrasah. Berdasarkan analisis terhadap fakta-fakta historis, politik pendidikan di Indonesia, sejak era Orde Baru hingga saat ini, menempatkan madrasah dan sekolah pada posisi yang sejajar dengan kebijakan uniformitas kurikulum pendidikan. Konsekuensinya, karakteristik madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam kian memudar. Kata Kunci: madrasah; kurikulum; politik pendidikan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | Users 1187 not found. |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 07:59 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 07:59 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/6271 |
Actions (login required)
View Item |