PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI MATEMATIKA SISWA MTs

Rizki, Wahyu Yunian Putra (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI MATEMATIKA SISWA MTs. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12 (1).

[thumbnail of ABSTRAK.rtf] Rich Text (RTF)
Download (119kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kualitas bahan ajar gamifikasi matematika dilihat dari segi kelayakan, kemenarikan, serta untuk mendapatkan tanggapan peserta didik dan pendidik pada bahan ajar yang telah dikembangkan. Pokok bahasan yang dikembangkan adalah himpunan. Salah satu kebutuhan pokok dalam proses belajar mengajar adalah adanya bahan ajar yang menarik. Metode penelitian yang dipakai yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Developmen) yang terdiri atas: (1) model pengembangan, (2) prosedur pengembangan, dan (3) uji coba produk yang merupakan komponen dalam penelitian pengembangan (developmental research). Berdasarkan analisis data yang didapat dari beberapa ahli yaitu ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi dapat dinyatakan bahwa bahan ajar gamifikasi matematika layak digunakan, dan hasil analisis data yang didapatkan dari pendidik dan siswa dinyatakan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat menarik. Sehingga menunjukkan bahwa bahan ajar gamifikasi matematika yang dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar bagi peserta didik dan pendidik Madrasah Tsanawiyah/Sekolah Menengah Pertama kelas VII. Keywords: : Bahan Ajar Gamifikasi Matematika.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Users 1187 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2019 07:48
Last Modified: 10 Apr 2019 07:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/6268

Actions (login required)

View Item View Item