Implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas X di SMA YP UNILA Bandar Lampung

Muhammad , Fadhli (2017) Implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas X di SMA YP UNILA Bandar Lampung. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_lengkap.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengkonstruksikan konsep, hukum atau prinsip melalui tahapantahapan mengamati, mengklasifikasikan, mengukur, meramalkan, menjelaskan dan menyimpulkan. SMA YP UNILA Bandar Lampung merupakan sekolah yang sudah menerapkan kurikulum 2013 sejak tahun ajaran 2013/2014 dengan pendekatan saintifik namun kenyataan pendekatan saintifik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti belum berjalan dengan baik. Penulis tertarik untuk melakukan penelitian dan membuktikan implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA YP UNILA Bandar Lampung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana implementasi pendekatan santifik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X SMA YP UNILA Bandar Lampung, apa kendala dan kelebihan implementasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendekatan pembelajaran saintifik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X SMA YP UNILA Bandar Lampung, kendala dan kelebihan dalam implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X SMA YP UNILA Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menurut Mattew B. Miles dan Michael Huberman yang meliputi reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pendekatan saintifik di SMA YP UNILA Bandar Lampung pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X sudah berjalan dengan baik di lihat dari aspek mengamati, mengklasifikasikan, mengukur, meramalkan, menjelaskan dan menyimpulkan. Adapun kendala yang dialami ketika menerapkan pendekatan saintifik adalah waktu yang terlalu singkat, siswa merasa malu, dan persiapan pembelajaran. Kelebihan implementasi pendekatan pembelajaran saintifik adalah membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran, siswa menjadi lebih paham dalam memahamai materi, siswa bisa mendapat pengetahuan baru apa yang ada di dalam materi dengan mudah melalui, meningkatkan prestasi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 10 May 2017 07:48
Last Modified: 10 May 2017 07:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/626

Actions (login required)

View Item View Item