PERSEPSI STAKEHOLDER TENTANG PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA ARAB PASCASARJANA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN KURIKULUM

Erlina, PERSEPSI STAKEHOLDER TENTANG PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA ARAB PASCASARJANA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN KURIKULUM. Al Bayan, 11 (1).

[img] HTML
Download (95kB)

Abstract

Program studi Pendidikan Bahasa Arab S2 UIN Raden Intan baru berdiri pada tahun 2017. Draf kurikulum prodi ini belum sempat direview dan divalidasi kesesuaiannya dengan kebutuhan masyarakat pengguna lulusan. Dalam kurikulum diperlukan rumusan profil lulusan. Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi stakeholder tetang profil lulusan prodi S2 PBA dan implikasinya terhadap pengembangan kurikulum sesuia tuntutan KKNI level 8 magister terapan. Jenis peneltian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode Survey. Alat pengumpul data: Questioner dan wawancara, dan dokumentasi. Analisis data secara kualitatif. Hasil survey yang melibatkan stakeholders diketahui bahwa profil lulusan S2 PBA utama sebagai pengajar bahasa Arab di S1, profil pendukukung sebagai peneliti, desainer PBA dan profil pilihan sebagai filolog dan jurnalis bahasa Arab. Rumusa Profil Lulusan ini berimplikasi pada pengembangan kurikulum dan penyusunan dokumennya. Kata kunci: Profil Lulusan, PBA, Pengembangan Kurikulum, KKNI.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Users 1187 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2019 06:41
Last Modified: 10 Apr 2019 06:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/6253

Actions (login required)

View Item View Item