MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN MELALUI KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN SIKAP KEPROFESIAN DOSEN DI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG

Agus, Jatmiko (2018) MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN MELALUI KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN SIKAP KEPROFESIAN DOSEN DI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG. Biosfer, 09 (02).

[img] HTML
Download (22kB)

Abstract

Abstrak Beberapa permasalahan yang terkadang muncul dalam pembelajaran di kelas oleh dosen kepada para mahasiswa diantaranya adalah, bahan ajar tidak disesuaikan dengan karakteristik mahasiswa, alat evaluasi yang digunakan dalam bahan pembelajaran yang harus dikerjakan oleh mahasiswa terkadang disusun berdasar materi tidak berdasar pada indikator atau tujuan yang ingin dicapai, materi pelajaran yang ada sekarang ini sedikit sekali yang mengaitkan antara beberapa materi atau pada mata pelajaran lain dalam suatu bahasan, strategi pembelajaran yang dipilih pengajar saat ini kurang bisa mengaitkan antara pelajaran yang telah dikuasai oleh mahasiswa dengan bahan-bahan yang akan dipelajari (advance organizer). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan dosen dalam mengembangkan pembelajaran melalui kemampuan menyusun bahan ajar, menyusun alat evaluasi, menyusun strategi instruksional, dan sikap dosen terhadap keprofesian. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif, peneliti akan mendeskripsikan hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan yang telah ditetapkan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sasaran penelitian adalah Dosen Tidak Tetap yang memberikan perkuliahan pada program studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Penelitian dilaksanakan selama dua bulan, mulai dari bulan September sampai dengan Oktober 2018. Hasil penelitian dan analisis data bahwa: 1) kemampuan dosen dalam mengembangkan pembelajaran melalui strategi pembelajaran belum terperinci secara jelas penggunaan antara metode, media, dan waktu yang digunakan; 2) kemampuan dosen dalam mengembangkan pembelajaran melalui kemampuan dalam menyusun alat evaluasi, muatan soal masih berorientasi pada materi belum banyak mengacu pada indikator pencapaian; 3) kemampuan dosen dalam mengembangkan pembelajaran melalui kemampuan menyusun bahan ajar secara keseluruhan masih menggunakan buku teks; 4) kemampuan dosen dalam mengembangkan pembelajaran melalui sikap terhadap profesi dosen secara keseluruhan dapat menunjukkan sikap profesi kedosenan. Kata kunci: Pembelajaran, Kompetensi Pedagogik, Sikap Keprofesian

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: ADMIN LP2M
Date Deposited: 09 Apr 2019 06:29
Last Modified: 09 Apr 2019 06:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/6221

Actions (login required)

View Item View Item