PENERAPAN MEKANISME DEPOSITO MUDHARABAH PADA PRODUK SIMPANAN SYARIAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH (Studi Pada PT BPRS Mitra Agro Usaha Bandar Lampung)

SUJITA, SHELLA (2018) PENERAPAN MEKANISME DEPOSITO MUDHARABAH PADA PRODUK SIMPANAN SYARIAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH (Studi Pada PT BPRS Mitra Agro Usaha Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Bank syariah memilliki perbedaan dengan bank konvensional yaitu dalam hal pembagian keuntungan dimana bank syariah menggunakan bagi hasil sedangkan pada bank konvensional menggunakan bunga. Salah satu bank syariah yang menggunakan prinsip bagi hasil adalah BPRS Mitra Agro Usaha. BPRS Mitra Agro Usaha melakukan kegiatan penghimpunan dana dari masyarakat salah satunya produk deposito mudharabah. Deposito mudharabah sebagai produk penghimpunan dana di BPRS Mitra Agro Usaha, dalam praktiknya menggunakan akad mudharabah. Oleh sebab itu nasabah sebagai pemilik dana yang telah menyimpan dananya mendapatkan bagi hasil atau keuntungan yang telah disepakati bersama di awal pembukaan deposito. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu penerapan mekanisme deposito mudharabah pada produk simpanan syariah di BPRS Mitra Agro Usaha dalam meningkatkan jumlah nasabah dan bagaimana penerapan mekanisme deposito mudharabah dalam meningkatkan jumlah nasabah pada BPRS Mitra Agro Usaha dalam perspektif ekonomi Islam. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan mekanisme deposito mudharabah pada produk simpanan syariah di BPRS Mitra Agro Usaha dalam meningkatkan jumlah nasabah dan untuk mengetahui penerapan mekanisme deposito mudharabah dalam meningkatkan jumlah nasabah pada BPRS Mitra Agro Usaha dalam perspektif ekonomi Islam. Jenis penelitian ini yaitu field research atau penelitian lapangan, sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh karyawan BPRS Mitra Agro Usaha, sampel penelitian ini yaitu terdiri dari Dewan direksi, Manajer Marketing, Manajer Operasional, Costumer Service, Accounting, dan Sales Officer. Analisis pengumpulan data dari penelitian ini yaitu observasi. wawancara, dan dokumentasi. Metode pengolahan data penelitian ini yaitu, reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Metode analisis data yang digunakan peneliti yaitu metode berfikir deduktif yang mengangkat dari fakta-fakta yang umum. Hasil penelitian ini yaitu, mekanisme deposito mudharabah yang ada di BPRS Mitra Agro Usaha yaitu sesuai dengan SOP yang ada. BPRS Mitra Agro Usaha bertindak sebagai pengelola dana (mudharib) dan nasabah sebagai pemilik dana (shahibul maal). Penarikan dana oleh nasabah BPRS Mitra Agro Usaha hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu berdasarkan akad antara nasabah dan BPRS Mitra Agro Usaha. Pembagian keuntungan sesuai dengan kesepakatan di awal antara BPRS Mitra Agro Usaha dengan nasabah. BPRS Mitra Agro Usaha sudah menjalankan deposito mudharabah sesuai dengan prrinsip Islam yaitu nilai ketuhanan, nilai kepemimpinan, tidak mengandung maysir, dan tidak menimbulkan riba.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 22 Nov 2018 06:54
Last Modified: 22 Nov 2018 06:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/611

Actions (login required)

View Item View Item