EFEKTIVITAS PEMBERIAN HADIAH DAN HUKUMAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP TUNAS DHARMA WAY GALIH LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2016/2017

NUDIN, SURHAN (2017) EFEKTIVITAS PEMBERIAN HADIAH DAN HUKUMAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP TUNAS DHARMA WAY GALIH LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_lengkap_UDIN.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Banyak hal yang dilakukan oleh guru dalam memberikan motivasi kepada peserta didik. Hadiah dapat menjadikan pendorong bagi peserta didik untuk belajar lebih baik dan lebih giat lagi. Dengan diberlakukan pemberian hadiah dan hukuman di SMP Tunas Dharma Way Galih yang telah berlangsung kurang lebih 2 (dua) tahun, idealnya para peserta didik termotivasi untuk belajar agama, mematuhi peraturanperaturan sekolah dan berprilaku sesuai yang diharapkan. Permasalahannya, fenomena yang ada hingga sekarang masih ada sebagian peserta didik yang membolos, absen tanpa alasan yang tepat, mengotori tembok, dan makan dikantin ketika sedang proses pembelajaran. Dalam penelitian ini penulis merumuskan suatu permasalahan yaitu: apakah efektif pelaksanaan pemberian hadiah dan hukuman terhadap motivasi belajar PAI peserta didik kelas VIII SMP Tunas Dharma? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya pemberian hadiah dan hukuman terhadap motivasi belajar PAI peserta didik kelas VIII SMP Tunas Dharma Way Galih. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian hadiah dan hukuman efektif dalam memotivasi belajar PAI peserta didik kelas VIII SMP Tunas Dharma Way Galih. Hadiah dan hukuman yang di terapkan membawa dampak pada peserta didik. Dengan pemberian hadiah dan hukuman peserta didik bisa menjadi labih baik, rajin belajar, selalu mengikuti proses pembelajaran PAI, selalu mengerjakan tugas atau PR yang diberikan oleh bapak ibu guru, mematuhi tata tertib sekolah, tidak berkelahi disekolah. Sehingga dengan adanya hadiah dan hukuman tersebut mampu menjadikan peserta didik lebih baik, selain itu perkembangan motivasi belajar peserta didik SMP Tunas Dharma Way Galih sudah cukup baik dan efektif. Dengan hadiah dan hukuman tersebut mereka termotivasi untuk melakukan hal-hal yang positif yang bisa menghasilkan prestasi yang nantinya bisa membangkitkan dirinya sendiri. Kata Kunci: Pemberian hadiah dan hukuman, Motivasi belajar, Pembelajaran PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 28 Apr 2017 07:32
Last Modified: 28 Apr 2017 07:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/606

Actions (login required)

View Item View Item