PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PETA KONSEP BERBASIS MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X

Djasmita, Niendy Kurnia (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PETA KONSEP BERBASIS MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran peta konsep berbasis media visual terhadap kemampuan berpikir kreatif dan mengetahui pengaruh metode pembelajaran peta konsep berbasis media visual terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X di SMAN 13 Bandar Lampung. Desain penelitian yang digunakan pada quasi experimental ini adalah Posttest Only Control Group Design. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 05 Januari s/d 23 Januari 2017 di kelas X SMA N 13 Bandar Lampung dengan teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diperlakukan dengan metode pembelajaran peta konsep berbasis media visual sedangkan pada kelas kontrol diperlakukan dengan metode pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data menggunakan tes essay kemampuan berpikir kreatif, angket motivasi belajar dan lembar observasi kemampuan berpikir kreatif. Perhitungan data menggunakan uji t independen untuk melihat perbedaan rata-rata dua variabel. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh uji t independen kemampuan berpikir kreatif pada taraf signifikan 5% (0,05), dengan hasil t hitung (5.104) > t tabel (1,67155) dan uji t independen motivasi belajar dengan persamaan pada taraf signifikan 5% (0,05) dengan hasil t hitung (5.517) > t table (1,67155)). Berdasarkan hasil uji t independen, maka dinyatakan Hi diterima artinya, ada pengaruh metode pembelajaran peta konsep berbasis media visual terhadap kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar peserta didik kelas X pada konsep pencemaran lingkungan di SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Kata kunci : Metode Pembelajaran Peta Konsep, Media Visual, Kemampuan Berpikir Kreatif, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 27 Apr 2017 02:39
Last Modified: 27 Apr 2017 02:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/598

Actions (login required)

View Item View Item