PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VC MIN 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015 -2016

Putri, Melina Dian (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VC MIN 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015 -2016. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masalah guru MIN 6 Bandar Lampung dalam menyampaikan pembelajaran masih menggunakan model pembelajaran langsung (Diret Instruction), model pembelajaran langsung adalah model pembelajaran yang berpusat pada guru. Dengan demikian, menyebabkan pembelajaran tidak afektif sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik yang tergolong rendah. Oleh karena itu, pada penelitian ini “Apakah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas Vc MIN 6 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015-2016?”. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Risearch) dengan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart, proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi : tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan tahap refleksi. Penelitian ini bertujuan agar guru lebih kreatif dalam memilih model pembelajaran yang bervariasi, dan agar peserta didik mendapatkan hasil belajar yang sesuai dengan standar ketuntasan yang diteteapkan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar IPA peserta didik kelas Vc MIN 6 Bandar Lampung. Sedangkan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui data tentang proses pembelajaran IPA, respon peserta didik, keadaan peserta didik, dan guru. Setelah menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching pada siklus I hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 16 peserta didik (61,53%) yang tuntas, dan 10 peserta didik (38,47%) yang tidak tuntas. Pada siklus II hasil belajar lebih meningkat menjadi 23 peserta didik (88,46%) yang tuntas, 3 peserta didik (11,54%) tidak tuntas. Dengan demikian, terjadi peningkatan 19 peserta didik (73,07%). Hasil penelitian diperoleh dengan menerpakan model pembelajaran Quantum Teaching, dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar IPA kelas Vc MIN 6 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015-2016. Kata Kunci : Quantum Teaching, Hasil Belajar, IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 27 Apr 2017 01:50
Last Modified: 27 Apr 2017 01:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/594

Actions (login required)

View Item View Item