PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF BERBASIS TOKOH KARTUN UNTUK MEMBERDAYAKAN BERFIKIR KREATIF DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG

Selfia, Lusi (2017) PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF BERBASIS TOKOH KARTUN UNTUK MEMBERDAYAKAN BERFIKIR KREATIF DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana karakteristik modul interaktif berbasis tokoh kartun untuk memberdayakan berfikir kreatif dan minat belajar siswa. 2) Bagaimana kelayakan modul interaktif berbasis tokoh kartun untuk memberdayakan berfikir kreatif dan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) mengadaptasi dari Borg & Gall. Penelitian dibatasi pada tujuh tahapan yaitu 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain Produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi produk, 6) Uji coba produk, 7) Revisi produk, karena keterbatasan waktu dan biaya dalam penelitian ini sehingga langkah-langkah penelitian hanya dilaksanakan sampai 7 tahap. Instrument penelitian dalam penelitian ini menggunakan angket dengan format respon lima poin dari skala Likert. Karakteristik dari modul interaktif berbasis tokoh kartun ini antara lain: Dilengkapi dengan soal berfikir kreatif yang sesuai dengan indikator Torrance, dilengkapi dengan video pembelajaran untuk mempermudah dalam memahami materi, dilengkapi dengan gambar kartun yang menarik sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan dan dilengkapi dengan simulasi yang menarik sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa pada tahap II terhadap media pembelajaran interaktif, skor rata-rata yang diperoleh pada ahli materi adalah 81,45%, ahli media 89,23% dan ahli bahasa 82%. Kemenarikan media pembelajaran berdasarkan uji coba satu lawan satu yang dilakukan pada 6 peserta didik mendapatkan skor rata-rata 81,57%, pada uji coba kelompok kecil yang dilakukan pada 12 peserta didik mendapat skor rata-rata 82,63%, dan pada uji lapangan yang dilakukan pada 30 peserta didik mendapat skor 84,24%, sedangkan skor rata-rata pendidik sebagai pengguna adalah 83,04%. Dari data-data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul layak digunakan. Kata kunci: Modul interaktif, berfikir kreatif, minat belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 21 Apr 2017 07:01
Last Modified: 21 Apr 2017 07:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/592

Actions (login required)

View Item View Item