ANALISIS KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO

Andesty, Lindika (2017) ANALISIS KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of 1._COVER_LUAR_&_DALAM.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh alat evaluasi pendidik yang cenderung melihat kemampuan peserta didik dalam memahami materi pelajaran hanya didasari nilai kuantitatif. Sedangkan kemampuan peserta didik dalam menyerap, mengatur dan mengolah informasi yang diterima dengan cara atau gaya belajar yang berbeda-beda. Taksonomi SOLO (Structure of the Observed Learning Outcomes) dipandang dapat membantu pendidik dalam proses evaluasi hasil belajar. Dengan Taksonomi SOLO pendidik diharapkan dapat lebih baik lagi dalam melakukan evaluasi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang kemampuan menyelesaikan soal matematika peserta didik ditinjau dari gaya belajar dan berdasarkan level Taksonomi SOLO. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, pemberian tes, angket, dan wawancara. Teknik analasis data yang digunakan adalah triangulasi teknik pengumpulan data. Berdasarkan analisis data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menyelesaikan soal matematika berdasarkan Taksonomi SOLO peserta didik dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik memiliki kemampuan menyelesaikan soal yang berbeda-beda. Dari indikator level kemampuan taksonomi SOLO peserta didik dengan gaya belajar visual hanya dapat mencapai level Unistructural sampai Multistructural. Peserta didik dengan gaya belajar auditorial dari indikator level kemampuan taksonomi dapat mencapai level Unistructural sampai Relational. Peserta didik dengan gaya belajar kinestetik dari indikator level kemampuan taksonomi SOLO dapat mencapai level Prestructural sampai Extended Abstract. Kata Kunci: Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik), Kemampuan, Menyelesaikan Soal, Matematika, Taksonomi SOLO (Prestructural, Unistructural, Multistructural, Relational, Extended Abstract).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 21 Apr 2017 02:05
Last Modified: 21 Apr 2017 02:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/587

Actions (login required)

View Item View Item