PENGARUH METODE DISKUSI KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISMETERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTADIDIK KELAS VIII SEMESTER GENAP MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

M, Maryani (2017) PENGARUH METODE DISKUSI KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISMETERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTADIDIK KELAS VIII SEMESTER GENAP MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of MARYANI._NPM._1111050076.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Paradigma pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yangsulit dan tidak menarik bagi peserta didik bahkan terkesan pembelajaran didominasi oleh guru akan berpengaruh buruk terhadap hasil belajarpeserta didik.Pendekatan pembelajaran yang masih monoton dan metode yang bersifat konvensional membuat peserta didik dianggap sebagai miniatur yang butuh motivasi dari luar. Pendekatan dan model pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan hasil belajar matematikasekaligus dapat meningkatkan keaktifan peserta didik serta memberikan iklim yang kondusif dalam perkembangandaya nalar dan kreativitas peserta didik. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengatasi hal di atas adalah dengan penerapanmetode diskusi kelompok dengan pendekatan konstruktivisme. Penulis meneliti tentangpengaruh penerapan metode diskusi kelompok dengan pendekatan konstruktivisme terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII semester genap MTs Negeri 2 Bandar Lampung.Tujuannya yaitu untuk mengetahui efektivitas metode diskusi kelompok dengan pendekatan konstruktivisme terhadap hasil belajar matematika kelas VIII semester genap MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Metode dalam penelitian ini adalah True Exsperimental Design, populasinya adalah seluruh kelas VIII MTs Negeri 2 Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik acak kelasberjumlah 2 kelas yaitu kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah posttest hasil belajar matematika peserta didik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji-t. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas hasil tes dari kedua kelompok tersebut diperoleh bahwa data kedua sampel normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesisdigunakan Uji-t, hasil perhitungan didapat thitung=3,052dan ttabel = 1,999. Kriterianya adalah tolak H0 jika thitung>ttabel, karena thitung>ttabel maka H0 ditolak, Sehingga H1 diterima yang berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakanmetode diskusi kelompok denganpendekatan konstruktivismedengan hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakanmetode ceramah (konvensional). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode diskusi kelompok dengan pendekatan konstruktivisme terhadap hasil belajar matematika. . Kata kunci: Metode Diskusi Kelompok (Pendekatan Konstrultivisme), Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 30 May 2017 06:22
Last Modified: 30 May 2017 06:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/582

Actions (login required)

View Item View Item