PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MENANGANI PERILAKU MEMBOLOS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Wariyanti, Nur (2017) PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MENANGANI PERILAKU MEMBOLOS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP_NUR.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik SMP Al-Azhar 3 Bandar lampung, kelas VIII.yang sering membolos saat jam pelajaran berlangsung. Terdapat 5 peserta didik yang menjadi fokus peneliti untuk dilakukannya pembinaan atau bimbingan melalaui konseling individu. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan konseling behavioral dengan dua teknik yaitu teknik reward dan punishment Adapun rumusan masalah penulis adalah apakah penerapan konseling behavioral dengan teknik reward dan punishment dapat mengatasi peserta didik yang membolos kelas VIII di SMP Al-AZHAR 3 Bandar lampung tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan Action Research dan bersifat deskriptif. Action Research merupakan model penelitian yang sekaligus berpraktik dan berteori, atau menggabungkan teori sekaligus melaksanakan dalam praktik. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses konseling behavioral dengan teknik reward dan punishment dalam menangani peserta didik yang membolos. Data awal peserta didik yang didapat oleh peneliti yaitu melihat terlebih dahulu jumlah kelas VIII di SMP Al-Azhar 3 Bandar lampung terdapat sebanyak 6 kelas. Setelah melakukan observasi melalui data absensi, buku agenda kasus, serta wawancara guru BK, maka peneliti mendapatkan 5 orang peserta didik yang menjadi fokus penelitian diantaranya MA, RM, SN, AJ, dan DZ. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan Action Research atau Penelitian Tindakan. Penelitian tindakan terdapat empat tahap yang harus dilaksanakan dalam proses penelitian empat tahap tersebut diantaranya: Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Pada penelitian tindakan ini peneliti melakukan 2 (dua) siklus. Siklus I: Pada siklus ini peneliti melakukan proses penelitian tindakan dengan menggunakan empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Kemudian peneliti menggunakan penerapan konseling behavioral dengan menggunakan dua teknik yaitu teknik reward dan punishment untuk menangani peserta didik yang membolos. Setelah siklus I dilaksanakan, ternyata masih terdapat dua peserta didik yang membolos. Karena dirasa pada siklus I masih belum adanya perubahan pada peserta didik yang membolos, maka peneliti melakukan penelitian tindakan pada siklus ke II. Siklus II: Pada siklus ke II ini peneliti kembali melakukan penelitian tindakan dengan tahap yang sama yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Kemudian peneliti kembali melakukan penerapan konseling behavioral dengan menggunakan dua teknik yaitu teknik reward dan punishment untuk menangani peserta didik yang membolos. Pada siklus yang ke II ini, 2 peserta didik yang membolos tersebut dapat merubah perilaku membolosnya, menjadi tidak membolos kembali. Dan menurut data yang dihasilkan pada penelitian ke-5 (lima) peserta didik yang menjadi fokus penelitian ini, mereka dapat mengatasi perilaku membolosnya menjadi tidak membolos kembali dan mampu menaati peraturan tata tertib di SMP Al-Azhar 3 Bandar lampung. Dari hasil penelitian ini bahwa konseling behavioral dengan teknik reward dan punishment dalam menangani perilaku membolos peserta didik di SMP Al-Azhar 3 Bandar lampung telah dilaksanakan dengan baik. Namun masih perlu ditingkatkan agar dapat meminimalisir peserta didik yang membolos. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan konseling behavioral dengan teknik reward dan punishment yang menggunakan pendekatan Action Research atau penelitian tindakan dapat efektif untuk mengatasi perilaku membolos peserta didik kelas VIII di SMP Al-Azhar 3 Bandar lampung. Kata kunci : Konseling behavioral, teknik reward dan punishment, perilaku membolos, konseling individu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 17 Apr 2017 07:10
Last Modified: 17 Apr 2017 07:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/581

Actions (login required)

View Item View Item