EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

E, Erlangga (2017) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_lengkap_LANGGA_1.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Prokrastinasi akademik adalah jenis penundaan yang dilakukan pada jenis tugas formal yang berhubungan dengan tugas akademik misalnya tugas sekolah atau tugas kursus. Individu dikatakan melakukan prokrastinasi akademik jika individu tersebut menunda pekerjaan penting tanpa alasan yang logis. Prokrastinasi akademik dapat ditunjukkan dengan penundaan untuk memulai maupun untuk menyelesaikan kerja pada tugas yang di hadapi, keterlambatan dalam mengerjakan tugas, melakukan aktivitas lain yang lebih menyenangkan daripada melakukan tugas yang harus dilakukan. Dilihat dari permasalahannya tersebut terdapat pada peserta didik SMP Negeri 2 Bandar Lampung yang mengalami prokrastinasi akademik khususnya kelas VIII, sehingga diperlukan sebuah upaya untuk menurunkan perilaku prokrastinasi akademik melalui konseling kelompok dengan teknik self management. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada penurunan perilaku prokrastinasi akademik menggunakan konseling kelompok dengan teknik self management pada peserta didik di SMP Negeri 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan dengan desain nonequlvalent pretest-posttest group design. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa terdapat penurunan prokrastinasi akademik didik setelah dilaksanakan teknik self-management dengan diperoleh (df) 8 kemudian dibandingkan dengan ttabel 0,05 = 2,306, maka thitung ≥ ttabel (4,670 ≥ 2,306) atau nilai sign.(2-tailed) lebih kecil dari nilai kritik 0,005 (0.002 ≤ 0,005), ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Hi diterima, selain itu didapatkan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih kecil dari pada kelompok kontrol (46,8 ≤ 52,0). Jadi dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik selfmanagement dapat mengurangi perilaku prokrastinasi akademik pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Bandar Lampung. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Self-Management, Prokrastinasi Akademik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 17 Apr 2017 04:13
Last Modified: 17 Apr 2017 04:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/577

Actions (login required)

View Item View Item