E, Erlangga (2017) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Prokrastinasi akademik adalah jenis penundaan yang dilakukan pada jenis tugas formal yang berhubungan dengan tugas akademik misalnya tugas sekolah atau tugas kursus. Individu dikatakan melakukan prokrastinasi akademik jika individu tersebut menunda pekerjaan penting tanpa alasan yang logis. Prokrastinasi akademik dapat ditunjukkan dengan penundaan untuk memulai maupun untuk menyelesaikan kerja pada tugas yang di hadapi, keterlambatan dalam mengerjakan tugas, melakukan aktivitas lain yang lebih menyenangkan daripada melakukan tugas yang harus dilakukan. Dilihat dari permasalahannya tersebut terdapat pada peserta didik SMP Negeri 2 Bandar Lampung yang mengalami prokrastinasi akademik khususnya kelas VIII, sehingga diperlukan sebuah upaya untuk menurunkan perilaku prokrastinasi akademik melalui konseling kelompok dengan teknik self management. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada penurunan perilaku prokrastinasi akademik menggunakan konseling kelompok dengan teknik self management pada peserta didik di SMP Negeri 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan dengan desain nonequlvalent pretest-posttest group design. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa terdapat penurunan prokrastinasi akademik didik setelah dilaksanakan teknik self-management dengan diperoleh (df) 8 kemudian dibandingkan dengan ttabel 0,05 = 2,306, maka thitung ≥ ttabel (4,670 ≥ 2,306) atau nilai sign.(2-tailed) lebih kecil dari nilai kritik 0,005 (0.002 ≤ 0,005), ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Hi diterima, selain itu didapatkan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih kecil dari pada kelompok kontrol (46,8 ≤ 52,0). Jadi dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik selfmanagement dapat mengurangi perilaku prokrastinasi akademik pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Bandar Lampung. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Self-Management, Prokrastinasi Akademik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Konseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | ADMINLIB PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 17 Apr 2017 04:13 |
Last Modified: | 17 Apr 2017 04:13 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/577 |
Actions (login required)
View Item |