Sa'diah, Uswatun (2017) PENGARUH KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK BEHAVIORISTIK POSITIVE REINFORCEMENT TERHADAP DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN 1 WAY DADI BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah disiplin belajar disekolah peserta didik yang rendah. Permasalahan penelitin ini adalah “apakah positive reinforcement dapat meningkatkan disiplin belajar peserta didik di kelas V SDN 1 Way Dadi Bandar Lampung?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan positive reinforcement dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik di kelas V SDN 1 Way Dadi Bandar Lampung 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan one- group pretest-posttest. subyek dalam penelitian ini sebanyak 15 peserta didik kelas V SDN 1Way Dadi Bandar Lampung yang memiliki disiplin belajar rendah disekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan anget , yaitu angket tentang disiplin belajar peserta didik di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan positive reinforcement dapat meningkatkan disiplin belajar disekolah pada siswa kelas V, hal ini ditunjukkan dari skor pretest 250 dan skor posstest 411 yang berarti mengalami peningkatan sebesar 161. Hasil analisis data pada uji taraf signifikan ᾳ = 0,05 (5%) diperoleh Pvalue = 0,001 jadi nilai Pvalue < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya reinforcement positive dapat meningkatkan disiplin belajar disekolah pada peserta didik kelas V. Kata kunci : Disiplin belajar peserta didik, teknik behavioristik reinforcement positive
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Konseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | ADMINLIB PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 17 Apr 2017 03:59 |
Last Modified: | 17 Apr 2017 03:59 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/576 |
Actions (login required)
View Item |