K, Kurniawati
(2017)
PENGARUH PRAKTIKUM VIRTUAL TERHADAP
KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA
KELAS X PADA MATERI VERTEBRATA.
Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.
Abstract
Keterampilan proses sains merupakan keterampilan yang menekankan pada
penumbuhan dan pengembangan sejumlah keterampilan tertentu pada diri siswa
sehingga mampu memproses informasi untuk memperoleh fakta maupun konsep.
Berdasarkan hasil observasi, diketahui bahwa Keterampilan Proses Sains siswa belum
dikembangkan karena kurangnya pemahaman guru terkait bahasa Keterampilan Proses
Sains. Salah satu alternatif yang mampu mengembangkan Keterampilan Proses Sains
adalah dengan kegiatan praktikum. Namun pelaksanaan praktikum kurang intensif,
terhambat alat dan bahan, serta belum memperhatikan keselamatan kerja siswa. Untuk
mengatasi hambatan tersebut diperlukannya Praktikum Virtual yang dijadikan sebagai
alternatif pengganti praktikum ril.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Weak Experiment dengan desain one
group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA
SMA Negeri 1 Kalirejo, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak kelas
(Cluster Random Sampling), kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X
MIA 2 dan 3 sebagai kelas replikasi yang berfungsi untuk memperkuat hasil penelitian.
Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi KPS dan tes keterampilan proses
sains berupa soal uraian.
Pengujian hipotesis menggunakan paired sample t-test. Sebelumnya dilakukan
uji prasyarat yang meliputi uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji
homogenitas menggunakan uji Fisher. Dari hasil analisis diketahui bahwa seluruh
kelas X MIA memperoleh nilai Thitung > Ttabel yaitu 4.5072 > 1.694 (X MIA 1), 7.5387 >
1.694 (X MIA 2) dan 7.8616 > 1.694 (X MIA 3) sehingga H0 ditolak, dan H1 diterima.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Pembelajaran
dengan menggunakan praktikum virtual berpengaruh lebih baik terhadap keterampilan
proses sains siswa pada materi vertebrata dibandingkan pembelajaran secara
konvensional. (2) Terdapat peningkatan nilai rata-rata sebelum diterapkannya
praktikum virtual (pretest) dan setelah diterapkannya praktikum virtual (posttest).
Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, Praktikum Virtual, Vertebrata
Actions (login required)
 |
View Item |