PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SEPERVISOR DALAM EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MATHLA’UL ANWAR SINAR LAUT BANDAR LAMPUNG

Saputra , Bela (2017) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SEPERVISOR DALAM EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MATHLA’UL ANWAR SINAR LAUT BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of CAPER.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Supervisi pendidikan merupakan pelayanan yang diberikan oleh supervisor atau pengawas kepada guru yang berupa pembinaan kearah perbaikan mutu pendidikan pada umumnya, dan peningkatan mutu pembelajaran pada khususnya, untuk mengadakan perubahan kearah yang lebih baik sehingga menghasilkan tujuan yang akan dicapai. Seiring dengan kemajuan pendidikan yang berkembang saat ini guru dituntut untuk meningkatkan keprofesionalannya dalam mengajar, untuk itu kesadaran dari guru dan kepala madrasah harus tumbuh didalam diri untuk meningkatkan pendidikan. Disamping itu diperlukannya pembinaan dari supervisor yang dilakukan oleh kepala madrasah terhadap guru dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Untuk mencapai pembelajaran yang efektiv hendaklah seorang guru sebelum memberikan materi harus membuat perencanaan mengajar dan menguasai bahan materi serta metode yang digunakan harus bervariasi selain itu pemanfaatan sarana dan prasarana yang sudah disediakan harus di berdaya gunakan. Dalam objek penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar Sinar Laut Bandar Lampung, Pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah terhadap Guru-guru sudah dilakukan dan sudah berjalan meskipun ada beberapa yang belum berjalan karena banyaknya ruang lingkup yang disupervisi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dimana proses pengumpulan datanya melalui interview sebagai metode pokok yang ditujukan kepada guru dan pengawas, metode observasi sebagai penunjang, kemudian metode dokumentasi digunakan sebagai pelengkap untuk mengetahui pembelajaran yang dilakuakan guru, dan sarana pendukung yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar Sinar Laut Bandar Lampung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas. Dalam penelitian ini terungkap bahwa pelaksanaan supervisi yang dilakuakan oleh kepala madrasah dalam efektivitas pembelajaran terhadap guru sudah berjalan meskipun ada beberapa yang belum terlaksana, karena luasnya yang disupervisi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 13 Apr 2017 07:58
Last Modified: 13 Apr 2017 07:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/559

Actions (login required)

View Item View Item