PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MOBILE LEARNING MELALUI GAME EDUKASI LACIKU PADA MATERI OPERASI ALJABAR SEBAGAI LEARNING EXERCISE BAGI SISWA

Sari, Dewi Purnama (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MOBILE LEARNING MELALUI GAME EDUKASI LACIKU PADA MATERI OPERASI ALJABAR SEBAGAI LEARNING EXERCISE BAGI SISWA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan suatu sarana berfikir untuk mengkaji sesuatu secara logis, kritis rasional dan sistematis serta melatih kemampuan siswa agar terbiasa dalam memecahkan suatu masalah yang ada disekitarnya. Namun pada kenyataannya menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran, bahan ajar yang digunakan belum melatih siswa dalam melakukan suatu penemuan dan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran matematika berbasis mobile learning dan menguji tingkat kelayakan serta keefektifan media pembelajaran matematika berbasis mobile learning melalui game edukasi laciku pada materi operasi aljabar sebagai learning exercise bagi siswa yang dibuat menggunakan software construk 2. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE dengan 5 tahap pengembangan yaitu (1) Analisis (2) perencanaan (3) Pengembangan Produk (4) Penerapan (5) Evaluasi, dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket (kuisioner), teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran matematika berbasis mobile learning melalui game edukasi laciku pada materi operasi aljabar sebagai learning exercise bagi siswa untuk siswa MTs Darul Huda Bandar Lampung. Kelayakan media dinyatakn valid oleh ahli materi dan ahli media, dan mendapat respon “sangat menarik” dari siswa dengan nilai 3,3 pada uji coba akhir yaitu kelas besar, dan media ini efektif untuk diterapkan di proses pembelajaran setelah melalui tahap pretest dan post test dengan nilai 67,8% dengan kriteria “efektif” yanng artinya media yang dikembangkan memperoleh respon sangat menarik dan efektif dalam penerapannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 23 Jan 2019 02:25
Last Modified: 23 Jan 2019 02:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5560

Actions (login required)

View Item View Item