EFEKTIVITAS ASSERTIVE TRAINING DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 12 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

Prafitasari, Jerry (2017) EFEKTIVITAS ASSERTIVE TRAINING DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 12 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of JERRY_PRAFITA.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Kecerdasan emosional merupakan kemampuan dasariah manusia untuk mempertahankan hidupnya seperti kesanggupan untuk mengendalikan dorongan emosi, untuk membaca perasaan orang lain, dan untuk memelihara hubungan baik dengan orang lain. Namun pada kenyataan yang terjadi di SMAN 12 Bandar Lampung masih terdapat peserta didik kelas XI yang belum mampu mengendalikan kecerdasan emosional seperti: tidak memiliki rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri maupun orang lain, tidak memiliki rasa empati dan rasa kasihan, sering merasa pesimis, dan sering merasa kecewa, pemarah, dan sering menyalahkan orang lain. Sehingga perlu upaya meningkatkan kecerdasan emosional dengan menggunakan teknik assertive training. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kecerdasan emosional peserta didik dan untuk mengetahui efektifitas penggunaan assertive training dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik kelas XI SMAN 12 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian berjumlah 30 peserta didik kelas XI SMAN 12 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017 yang memiliki kecerdasan emosional dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat peningkatan kecerdasan emosional peserta didik setelah melaksanakan layanan konseling konseling kelompok assertive training. Perhitungan rata-rata skor kecerdasan emosional kelompok eksperimen sebelum mengikuti layanan konseling kelompok assertive training adalah 89,2 dan setelah mengikuti layanan konseling kelompok assertive training meningkat menjadi 136,66. Sedangkan pada kelompok kontrol adalah 87,8 meningkat menjadi 117,46. Dari hasil uji-t dengan df = 15 dengan taraf signifikan 0,05 sebesar 2,131, dan diperoleh thitung = 25,081. Karena thitung ttabel (25,081 2,131). Maka, Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi assertive training efektif dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik kelas XI SMAN 12 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017 diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa assertive training efektif dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik kelas XI SMAN 12 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci:Assertive Training, Kecerdasan Emosional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 13 Apr 2017 03:58
Last Modified: 13 Apr 2017 03:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/556

Actions (login required)

View Item View Item