EFEKTIVITAS PROMOSI JUAL BELI HEWAN QURBAN MELALUI ONLINE (Studi Pada Situs Olx.Co.id)

Iwansah, I (2017) EFEKTIVITAS PROMOSI JUAL BELI HEWAN QURBAN MELALUI ONLINE (Studi Pada Situs Olx.Co.id). Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skriipsi_Pdf.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pada dasaranya promosi melalui iklan merupakan sarana informasi dalam menawarkan suatu barang kepada masyarakat. Namun dalam kenyataan banyak kasus ditemukan, dengan mengejar keuntungan, dan memasarkan produk banyak pelaku usaha yang menjual produk tidak sesuai dengan apa yang diiklankan, menjual tanpa dilengkapi informasi yang jelas, bahkan menjual produk yang tidak layak untuk di beli. Tapi kenyataannya jual beli hewan qurban melalui online yang terdaftar di situs olx.co.id ini menjadi pilihan dalam berbisnis dengan alasan praktis, cepat dan mudah. Jual beli ini terus berkembang di indonesia. Artinya fonemena jual beli melalui internet tidak bisa dihindarkan dalam era transformasi tehnologi. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas promosi jual beli hewan qurban melalui online yang terdaftar di situs olx.co.id dan bagaimana sistem promosi jual beli hewan qurban melalui situs olx.co.id di tinjau dari hukum Islam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas promosi jual beli melalui online yang terdaftar di situs olx.co.id dan untuk mengetahui sistem promosi jual beli hewan qurban melalui online yang terdaftar di situs olx.co.id di tinjau dari hukum Islam. Adapun kegunaan penelitian ini secara teoritis sebagai refrensi mengenai sistem promosi jual beli hewan qurban melalui online bagi penjual yang mempromosikan hewan qurban melalui situs olx.co.id dan secara praktis sebagai bentuk gambaran kepada masyarakat mengenai sistem promosi jual beli hewan qurban melalui online yang terdaftar di situs olx.co.id Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research), Dalam memproleh data, metode yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi, interview dalamiii pengumpulan datanya, sedangkan untuk menganalisa data yang telah terkumpul, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dilakukan melalui penurunan dan penafsiran data yang ada serta menggambarkan secara umum subjek yang diselidiki dengan cara menelaah dan menganalisis suatu data yang bersifat umum, kemudian diolah untuk mendapatkan kesimpulan yang bersifat khusus. Berdasarkan hasil penelitian, promosi jual beli ini sangat efektif, cepat dan mudah. penjual hanya mempromosikan hewan qurban menggunakan jasa olx.co.id sebagai wadah promosi barang dagangannya. Adapun cara pelaksanaan transaksinya adalah dengan cara penjual memberikan alamat jelas serta nomor handphone yang dapat di hubungi oleh pembeli kemudian pelaksanaan transaksinya dilakukan dengan cara pembeli menelepon atau datang langsung kerumah penjual dan bisa juga order. Penjual dan pembeli, setelah melihat kemudian langsung membayar tunai. pihak penjual mengirimkan hewan qurban tersebut pada H-1 kepada pembeli. Dengan demikian jual beli melalui situs olx.co.id di lihat dari segi promosi dan transaksinya boleh dilakukan (absah) menurut hukum Islam. Hal ini sesuai dengan tuntunan hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 13 Apr 2017 03:25
Last Modified: 13 Apr 2017 03:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/552

Actions (login required)

View Item View Item