PROGRAM BERITA ISLAMI TRANS TV DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN SEJARAH PERADABAN ISLAM BAGI MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI IAIN RADEN INTAN LAMPUNG

Mustanginah, Iin (2017) PROGRAM BERITA ISLAMI TRANS TV DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN SEJARAH PERADABAN ISLAM BAGI MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI IAIN RADEN INTAN LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Lengkap.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Program televisi mempunyai karakteristik tertentu yang dapat mempengaruhi, memprovokasi, dalam hal psitif maupun negatif dan mampu mengubah sikap seseorang dari pendiam menjadi agresif, hal ini disebabkan oleh daya rangsang televisi yang sangat tinggi. Program berita Islami telah hadir sebagai penambah ilmu pengetahuan dan wawasan bagi mahasiswa. Program berita Islami masa kini adalah salah satu program yang memberikan informasi tentang dunia Islam yang dikemas dengan sangat apik. Program ini biasa disebut dengan program “Beriman”, program acara ini hadir setiap hari senin – jumat, siang hari pada pukul 11.30 WIB – 12.00 WIB dan pada sore hari pukul 16.30 WIB – 17.00 WIB. Tema yang disuguhkan dalam program berita Islami masa kini yakni seputar masalah akidah, fiqih, sejarah peradaban Islam dan seputar Islam lainnya. Penelitian ini penulis fokuskan pada tayangan berita Islami masa kini yang bertema sejarah peradaban Islam. Beberapa tema yang dihadirkan yaitu Pengaruh Islam Terhadap Renaissance negara Eropa, Sejarah perang di Bulan ramadhan yang menangkan oleh umat Islam. Untuk meneliti tentang program berita tersebut, dirumuskan masalah yaitu: Bagaimana program berita Islami Masa Kini Trans TV dalam meningkatkan pengetahuan Sejarah Peradaban Islam bagi Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi IAIN Raden Intan Lampung. Dengan objek penelitian Mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi IAIN Raden Intan Lampung angkatan 2012 dan 2013. Dan dari hasil penelitian ditemukan bahwa program berita Islami Masa Kini Trans TV dapat meningkatkan pengetahuan sejarah peradan Islam. Hal tersebut dikarenakan Trans TV senantiasa memperhatikan muatan yang harus ada di setiap televisi. Diantaranya yaitu adanya sebuah konflik didalam penayangan ini bisa membuat ketertarikan mahasiswa karena menghadirkan sesuatu pandangan yang berbeda dan kadang bertentangan dengan kebiasaan manusia. Serta konsisten dalam menghadirkan tentang dunia Islam dengan bahasa ringan dan mudah dimengerti dan waktu penayangan (Timing) yang bisa dijangkau waktunya oleh mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 10 Apr 2017 03:36
Last Modified: 10 Apr 2017 03:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/533

Actions (login required)

View Item View Item