PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP PROFESIONALISME GURU DI MTS AL-HIKMAH KEDATON BANDAR LAMPUNG

Nurfitriah, Ermi (2017) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP PROFESIONALISME GURU DI MTS AL-HIKMAH KEDATON BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_ERMI.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Kepemimipinan kepala madrasah yang dapat diartikan sebagai cara atau usaha kepala madrasah dalam mempengaruhi, mendorong, membimbing, mengarahkan dan menggerakkan guru, staf, siswa, orang tua siswa dan pihak terkait untuk bekerja atau berperan guna mencapai tujuan yang ditetapkan. Cara kepala Madrasah untuk membuat orang lain bekerja untuk mencapai tujuan Madrasah merupakan inti kepemimpinan kepala madrasah. Profesionalisme seorang guru merupakan suatu keharusan dalam mewujudkan sekolah berbasis pengetahuan yaitu pemahaman tentang pembelajaran, kurikulum dan perkembangan manusia termasuk gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Profesionalisme Guru di MTs Al-Hikmah Kedaton Bandar Lampung. Profesionalisme guru dapat dilihat dari indikator, yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, pembimbingan, serta pengembangan keprofesian berkelanjutan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di MTs Al-Hikmah Kedaton Bandar Lampung, dengan jumlah populasi 30 orang. Data diambil dengan menggunakan 2 metode yaitu angket dan dokumentasi. Pengujian validasi instrumen dan kemudian diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis datanya yaitu menggunakan analisis korelasi sederhana (product moment). Uji persyaratan analisis terdiri dari uji normalitas uji linieritas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kepemimpinan kepala Madrasah terhadap profesionalisme guru di MTs Al-Hikmah Kedaton Bandar Lampung dengan korelasi variabel bebas dengan variabel terikat adalah 0,438 dan R2= 0,23,7 pada taraf signifikansi 10%. Hal ini berarti kontribusi variabel X (kepemimpinan kepala madrasah) terhadap variabel Y (kprofesional guru) adalah 23,7%. Sehingga masih sisa 76,3% faktor lain yang dapat mempengaruhi professionalisme guru di MTs Al-Hikmah Kedaton Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 07 Apr 2017 06:36
Last Modified: 07 Apr 2017 06:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/527

Actions (login required)

View Item View Item