EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORALDENGAN TEKNIK OPERANT CONDITIONING UNTUK MENGURANGI PERILAKU MENCONTEK PADASISWAKELASVIII DI MTs MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNGTAHUN PELAJARAN2016/2017

Putri, Latifah Eka (2017) EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORALDENGAN TEKNIK OPERANT CONDITIONING UNTUK MENGURANGI PERILAKU MENCONTEK PADASISWAKELASVIII DI MTs MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNGTAHUN PELAJARAN2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Lengkap.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perilaku menyontek itu adalah suatu tindakan mencontoh atau menjiplak milik orang lain yang pada dasarnya untuk menghindari kegagalan akademik, serta untuk menguntungkan dirinya sendiri dengan cara yang tidak jujur. Saat ini perilaku menyontek sudah membudidaya disetiap lingkungan pendidikan tidak terkecuali di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung, sehingga diperlukan upaya untuk mengurangi perilaku menyontek melalui konseling behavioral. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas layanan konseling behavoral dengan teknikoperant conditioning terhadap perilaku menyontek peserta didik kelas VIII di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Pretest and Posttest Control Group Design.Populasi dalam penelitian ini adalah 48 peserta didik kelas VIII SMP MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017 yang terindikasi memiliki perilaku menyontek tinggi. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik sampling jenuh. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode sosiometri (data awal) dan angket perilaku menyontek, dan dianalisis menggunakan program SPSS 17.0 for windows. Analisis data menggunakan analisis independen t-test sample menunjukkan skor pada angket perilaku menyontek peserta didik dari rata-rata hasil dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar(18,8750≥ 15,7083), hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis didapatkan hasil perhitungan sebagai berikut, thitung= -9,461< ttabel=2,012 dengan taraf signifikan α 0,05. Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Layanan Konseling behavoral dengan teknikoperant conditioning terhadap perilaku menyontek peserta didik kelas VIII di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017” terbukti kebenarannya. Kata Kunci : Konseling Behavioral, Operant Conditioning, Perilaku Menyontek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 07 Apr 2017 03:48
Last Modified: 07 Apr 2017 03:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/524

Actions (login required)

View Item View Item