UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK MELALUI METODEPROYEKDI TK AL-AZHAR 14 MARGODADI KECAMATAN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

Setiawati, Feby Atika (2018) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK MELALUI METODEPROYEKDI TK AL-AZHAR 14 MARGODADI KECAMATAN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keterampilan sosial adalah kemampuan seseorang untuk berinteraksi, bergaul, berhubungan dengan segala norma-norma dan aturan yang ada, sehingga dapat menerima dan diterima oleh lingkungan itu sendiri dengan memberi manfaat. Metode proyek merupakan salah satu cara pemberian pengalaman belajar dengan menghadapkan anak dengan persoalan sehari-hari yang harus dipecahkan secara berkelompok. Upaya guru adalah ikhtiar yang dilakukan oleh orang yang bertanggung jawab terhadap pendidikan pesertadidik terlebih lagi terhadap perkembangan pribadi anak didiknya supaya mencapai prestasi belajar yang lebih baik. Karena dengan mempunyai kepribadian yang baik maka tugas mengajar dan mendidik seorang guru dapat berhasil. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah “bagaimanakah upaya guru dalam meningkatkan keterampilan sosial anak melalui metode proyek?”. Tujuan penelitian ini adalah “Untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan keterampilan sosial anak melalui metode proyek anak di TK Al-Azhar 14 Margodadi Jatiagung Lampung Selatan”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan guru dan siswa, data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam penerapan metode proyek untuk meningkatkan keterampilan sosial melalui metode proyek sebagai berikut: 1) Menetapkan Tema yang dipilih melalui metode proyek, 2) Menetapkan rancangan bahan dan alat yang diperlukan dalam kegiatan metode proyek, 3) Rancangan pengelompokkan dan individual melalui metode proyek, 4) Menetapkan rancangan langkah-langkah dan aturan metode proyek, dan 5) Merancangan penilaian kegiatan pengajaran melalui metode proyek. Kelima langkah tersebut telah diterapkan di TK Al-Azhar 14 Margodadi Jati Agung Lampung Selatan guna meningkatkan keterampilan social melalui metode proyek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 05 Dec 2018 07:30
Last Modified: 05 Dec 2018 07:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5225

Actions (login required)

View Item View Item