MANAJEMEN PROMOSI PRODUK TABUNGAN WADIAH PT BPRS MITRA AGRO USAHA DI TANJUNG KARANG TIMUR BANDAR LAMPUNG Skripsi

Badriah, Siti (2017) MANAJEMEN PROMOSI PRODUK TABUNGAN WADIAH PT BPRS MITRA AGRO USAHA DI TANJUNG KARANG TIMUR BANDAR LAMPUNG Skripsi. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Manajemen merupakan bagian terpenting didalam perusahaan. Dalam menjalankan organisasi, manajemen harus ditetapkan terlebih dahulu agar semua kegiatan menjadi terarah. PT BPRS Mitra Agro Usaha mengeluarkan berbagai produk-produk perbankan diantaranya yaitu produk pembiayaan, tabungan wadi’ah, tabungan mudharobah, tabungan mudharobah antar bank, dan deposito mudharobah. Salah satu produk yang diminati nasabah yaitu produk tabungan wadi’ah. Dalam memasarkan produk tabungan wadi’ah semua itu dijalankan dengan adanya manajemen promosi yang baik. Dalam menjalankan promosi semua tidak terlepas dari fungsi-fungsi manajemen, yaitu planning, organizing, acuanting, dan controlling. Tanpa adanya promosi maka produk tersebut tidak akan dikenal oleh masyarakat. Fokus penulis tentang ” bagaimana pelaksanaan promosi produk tabungan wadiah yang dijalankan PT BPRS Mitra Agro Usaha di Tanjung Karang Timur Bandar Lampung”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sedangkan sifatnya adalah deskriptif. Jumlah populasi yaitu 17 orang. Untuk memudahkan penelitian, peneliti menggunakan sampel sebagai objek penelitian, Cara pengambilan sampling dengan purposive sampling. Dengan demikian jumlah sampel yang digunaka sebanyak 5 orang. Adapun alat pengumpul data adalah wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul barulah penulis menganalisis. Perencanaan promosi produk tabungan wadiah dilakukan dengan rapat para pimpinan mengenai program, target promosi, sasaran dan bentuk promosi (personal selling, promotion selling, advertising, dan publitas) dalam promosi produk tabungan wadi’ah. Pengorganisasi promosi produk tabungan wadiah dilakukan dengan pembagian tugas dan wewenang sesuai dengan yang telah ditentukan. Dalam pelaksanaan promosi produk tabungan wadi’ah, para pemimpin mengarahkan para anggotanya agar melaksanakan program sesuai dengan rencana. Dalam pelaksanaan promosi produk tabungan wadi’ah, para pemimpin mengarahkan para anggotanya agar melaksanakan program sesuai dengan rencana. Pemimpin mengutus marketing untuk menginformasikan produk tabungan wadiah dengan berbagai bentuk promosi diantaranya personal selling, promotion selling, advertising, dan publitas. Dan metode promosi yang digunakan yaitu metode door to door, grebek pasar, dan jemput bola. Marketing langsung terjun ke lapangan guna mempromosikan produk tabungan wadi’ah. Dan melakukan promosi secara tidak langsung dengan media cetak atapun sosia. Adanya promosi berupa pemberian bonus untuk menarik perhatian calon nasabah yang menggunakan produk tabungan wadi’ah. Pengawasandilakukan pimpinan saat terjun langsung kelapangan dan pada saat sesudah melakaksanakan promosi. Selain itu adanya badan lembaga yang mengawasi seperti DPS dan OJK. Dari beberapa hal tersebut, fungsi manajemen pada promosi produk tabungan wadi’ah secara umum telah teraksana, baik dari segi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Dengan adanya peningkatan jumlah nasabah setiap tahunnya , hal ini menunjukkan bahwa manajemen promosi produk tabunga wadi’ah telah berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 06 Apr 2017 04:14
Last Modified: 06 Apr 2017 04:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/521

Actions (login required)

View Item View Item