IMPLEMENTASI PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN KONSELING KELOMPOK PADA PESERTA DIDIK KELAS VII B DI SMPN 21 BANDAR LAMPUNG

Purwati, Indah (2017) IMPLEMENTASI PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN KONSELING KELOMPOK PADA PESERTA DIDIK KELAS VII B DI SMPN 21 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_INDAH_PURWATI_1211080064.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fakta yang ada di kelas VII B SMPN 21 Bandar lampung yang menunjukan bahwa peserta didik mengalami motivasi belajar yang rendah dan sangat rendah contoh nya seperti tidak adanya hasrat dan keinginan berhasil, tidak adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, tidak adanya harapan dan cita-cita di masa depan , tidak adanya penghargaan dalam belajar, tidak adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, dan tidak adanya lingkungan belajar yang kondusif. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui gambaran sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dan mengetahui apakah konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMPN 21 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif pre-experimental designs. Peneliti menggunakan One-Group Pre-test-posttest designs karena tidak menggunakan kelompok kontrol. Sampel dari penelitian ini adalah 8 peserta didik dari kelas VII B di SMPN 21 Bandar Lampung. Penelitian menggunakan angket yaitu suatu teknik pegumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab. Terdapat peningkatan motivasi belajar peserta didik terlihat dari mean sebelum di berikan treatment 51.75 dan mean setelah di berikan treatment 105.12, hal ini juga di buktikan dari ketentuan thitung lebih besar dari ttabel (16.227>1.894), dengan demikian motivasi belajar peserta didik kelas VII B di SMPN 21 Bandar Lampung mengalami peningkatan setelah diberikan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT). Jadi dapat disimpulkan bahwa Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) memiliki pengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII B di SMPN 21 Bandar Lampung dan hasil hipotesis Ha diterima Ho ditolak. Kata kunci : Rational Emotive Behavior Therapy (REBT), Motivasi Belajar, Konseling Kelompok. ii

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 05 Apr 2017 04:23
Last Modified: 05 Apr 2017 04:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/518

Actions (login required)

View Item View Item