PENGEMBANGAN LKS ELEKTRONIK BERBASIS ADOBE FLASH CS6 PADA MATERI BILANGAN PECAHAN KELAS VII SMP

DASARI, REVVY (2018) PENGEMBANGAN LKS ELEKTRONIK BERBASIS ADOBE FLASH CS6 PADA MATERI BILANGAN PECAHAN KELAS VII SMP. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI REVVY DASARI.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Penelitian pengembangan ini bertujuan mendeskripsikan langkah pengembangan LKS Elektronik berbasis Adobe Flash CS6 pada materi bilangan pecahan kelas VII SMP memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development), langkah-langkah penelitian dan pengembangan berpedoman pada model Borg And Gall dalam Sugiyono yaitu: (1) Potensi dan Masalah, (2) Mengumpulkan Informasi, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji Coba Produk, (7) Revisi Produk, (8) Ujicoba Pemakaian, (9) Revisi Produk, (10) Produk Massal. Pada penelitian pengembangan ini peneliti membatasi dari sepuluh langkah menjadi 8 langkah. Subjek penelitian ini adalah 33 siswa kelas VII di SMP PGRI 6 Bandar Lampung. Instrument yang digunakan untuk mengukur kevalidan LKS Elektronik yang dikembangkan ini adalah angket penilaian oleh ahli materi dan ahli media, untuk mengukur aspek kepraktisan LKS Elektronik instrument yang digunakan adalah angket respon siswa dan untuk mengukur aspek keefektifan LKS Elektronik instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa setelah menggunakan LKS Elektronik berbasis Adobe Flash CS6 . Kevalidan LKS Elektronik dinilai dari penilaian para ahli dengan skor maksimal 5 untuk tiap-tiap pernyataan oleh ahli materi mendapatkan nilai rata-rata sebesar 74% dan ahli media mendapat nilai rata-rata 93% yang berarti valid, sedangkan respon siswa terhadap LKS Elektronik memperoleh nilai rata-rata 3,46 yang berarti sangat menarik dan LKS Elektronik dikatakan sebagai bahan ajar yang efektif ditinjau dari hasil belajar siswa kelas VII SMP PGRI 6 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 04 Dec 2018 07:24
Last Modified: 04 Dec 2018 07:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5157

Actions (login required)

View Item View Item