PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL KELAS IV MI ISMARIA AL-QUR’ANIYYAH BANDAR LAMPUNG

FARANINGTIAS, NADIA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL KELAS IV MI ISMARIA AL-QUR’ANIYYAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (9MB) | Preview

Abstract

Komunikasi interpersonal bagi peserta didik merupakan hal yang penting, mengingat hal tersebut adalah kecakapan yang harus dimiliki, selain dapat meningkatkan rasa percaya diri, komunikasi interpersonal juga diperlukan untuk menunjang proses belajar peserta didik. Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pair check terhadap keterampilan komunikasi interpersonal peserta didik kelas IV di MI Ismaria Al-Quraniyyah Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian Quasi experimental desaign. Jenis penelitian ini merupakan penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV A sebagai kelas Eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampel. Data penelitian ini diperoleh dengan data awal dan angket keterampilan komunikasi interpersonal, dan dianalisis menggunakan program Microsoft Excel. Analisis data menggunakan analisis t-test paired sample menunjukkan perubahan skor pada angket keterampilan komunikasi interpersonal peserta didik dan rata-rata hasil pre-test dan posttest kelas eksperimen sebesar 2219 menjadi 2748 sedangkan kelas kontrol 2509 menjadi 2569, hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis didapatkan hasil perhitungan sebagai berikut, thitung = 231,779 > ttabel = 1.960 dengan taraf signifikan α 0,05. Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Pengaruh Model Pembelajaran Pair Check Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Kelas IV MI Ismaria Al-Quraniyyah Bandar Lampung” terbukti kebenaranya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 04 Dec 2018 04:25
Last Modified: 04 Dec 2018 04:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5152

Actions (login required)

View Item View Item