ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN DIMENSI MYER BRIGGS TYPE INDICATOR ( MBTI )

Ilmiyana, Miftahul (2018) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN DIMENSI MYER BRIGGS TYPE INDICATOR ( MBTI ). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI MIFTAHUL ILMIYANA.pdf]
Preview
PDF
Download (12MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA ditinjau dari tipe kepribadian Myer Brigss Type Indicator (MBTI). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berjenis analisis. Subjek penelitian ini adalah 4 peserta didik dari kelas X IPA 2 dan X IPA 3 MAN 1 Lampung Barat pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan subjek menggunakan tekhnik purposive sampling. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik. Teknik analisis data meliputi, data deskripsi hasil tes tertulis dan hasil wawancara, dianalisis dari hasil tes tertulis dan hasil wawancara, kemudian ditarik kesimpulan. Hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa analisis kemampuan pemecahan masalah siswa SMA ditinjau dari tipe kepribadian Myer-Briggs Type Indicator (MBTI) dari 4 tipe kepribadian dapat dilihat bahwa tipe kepribadian yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang paling baik yaitu tipe kepribadian Rational, karena subjek tipe ini mampu melewati semua indikator pemecahan masalah yang diberikan, dapat dikatakan bahwa skor kemampuan pemecahan masalah matematis subjek tipe Rational memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah yang lebih tinggi dibandingkan subjek lain. Adapun penjabaran dari setiap kepribadian dengan tipe kepribadian guardian cenderung lama dalam mengamati masalah, kemudian pada tahap menyelesaikan masalah memakan waktu cukup banyak namun sangat hati-hati dalam mengerjakan soal, kemampuan pemecahan masalah dengan tipe kepribadian rational sudah dapat melewati semua tahapan, dari memahami masalah, merencanakan, menyelesaikan perencanaan, dan membuat kesimpulan dengan baik, kemampuan pemecahan masalah dengan tipe kepribadian artisan terlalu terburu-buru dan kurang teliti dalam mengerjakan soal, sehingga pada tahap menyelesaikan rencana jawaban kurang maksimal, kemampuan pemecahan masalah dengan tipe kepribadian idealis bisa menyelesaikan semua tahapan namun kurang sempurna, dalam tahap perencanaan berhasil menerapkan beberapa idenya namun bernilai kurang tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 03 Dec 2018 03:34
Last Modified: 03 Dec 2018 03:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5114

Actions (login required)

View Item View Item