ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN MYER-BRIGGS TYPE INDICATOR (MBTI)

Khoiriah, K (2018) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN MYER-BRIGGS TYPE INDICATOR (MBTI). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Bandar Lampung. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa masih rendah, hal ini dikarenakan kurangnya diberikan latihan soal dalam pembelajaran, oleh karena itu dalam penelitian ini akan diambil data mengenai kemampuan koneksi matematis siswa, dilihat berdasarkan dari tipe kepribadian Myer-Briggs Type Indicator (MBTI). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang mengungkapkan fakta, keadaan, fenomena, variabel dan keadaan yang terjadi saat penelitian berjalan dan menyuguhkan apa adanya. Subjek penelitian yaitu 4 siswa dari kelas X IPA 5 dan X IPA 6 SMA Negeri 5 Bandar Lampung pada semester ganjil 2018/2019. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen utama adalah peneliti dan instrumen bantu adalah tes hasil tertulis dan hasil wawancara pada soal matematika sistem persamaan linier tiga variabel. Teknik analisis data meliputi: Data deskripsi hasil tes tertulis dan wawancara, dianalisis dari hasil tes tertulis dan wawancara, kemudian ditarik kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil tes dan wawancara dianalisis mengacu pada kriteria kemampuan koneksi matematis yakni: kemampuan memahami topik antar matematika, kemampuan memahami konsep yang sama, kemampuan menyelesaikan soal dengan konsep yang berbeda, kemampuan menghitung soal antar matematika, kemampuan menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari dan membuat kalimat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan tipe kepribadian Guardian dapat dikatakan telah mampu menguasai dan melewati semua indikator kemampuan koneksi matematis, namun kurang maksimal karena subjek belum mampu membuat kalimat kesimpulan, subjek dengan tipe kepribadian Artisan hanya menguasai beberapa indikator, subjek belum mampu mencari alternatif jawaban menggunakan konsep lain, dan belum mampu membuat kalimat kesimpulan, subjek Rational telah mampu menguasai dan melewati semua indikator dengan benar dan tepat. Subjek Idealist hanya menguasai beberapa indikator kemampuan koneksi matematis, subjek belum mampu mencari alternatif jawaban yang lain dengan menggunakan konsep yang berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 03 Dec 2018 03:29
Last Modified: 03 Dec 2018 03:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5112

Actions (login required)

View Item View Item