UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK MENANAMKAN NILAI - NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTS MA’ARIF 4 KECAMATAN PEKALONGAN KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

ALFIAN, WAHYU NUR (2018) UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK MENANAMKAN NILAI - NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTS MA’ARIF 4 KECAMATAN PEKALONGAN KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Nilai-nilai karakter adalah budi pekerti plus yaitu yang melibatkan pengetahuan, perasaan dan tindakan. Tanpa ketiga aspek ini karakter tidak akan efektif. Dengan demikian karakter yang diterapkan secara sistematis dan berkelanjutan, seorang anak akan menjadi cerdas emosinya. Kecerdasan inilah yang menjadi bekal penting dalam mempersiapkan anak untuk menyongsong masa depan, karena seseorang akan lebih mudah dan berhasil menghadapi segala macam tantangan untuk berhasil secara akademis. Oleh karenanya suatu bangsa akan merasa terancam punah apabila moralitas generasi penerusnya suram. Guru adalah contoh terbaik dalam pendidik, mempunyai karakter professional yang memiliki tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik atau siswa. Di Sekolah Ma‟arif 4 Pekalongan masih ada prilaku peserta didik yang menyimpang dari nilai – nilai karakter seperti halnya berpakaian tidak rapi, berangkat terlambat, berkata tidak sopan, rambut panjang, tidak jujur dan melakukan hal yang di larang agama. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana upaya guru Aqidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik di MTs Ma‟arif 4 Pekalongan Lampung Timur dengan memberikan Keteladanan, Nasehat, Ibrah, dan Pembiasaan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru Aqidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik di MTs Ma‟arif 4 Pekalongan Lampung Timur dengan memberikan Keteladanan, Nasehat, Ibrah dan Pembiasaan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Dimana Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul, data - data dianalisis yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan di MTs Ma‟arif Nu 4 Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur dapat disimpulkan bahwa upaya guru Aqidah Akhlak dalam menanamkan nilai-milai karakter peserta didik dengan cara, menjadi tauladan yang baik bagi peserta didik, menasehati peserta didik pada saat melakukan kesalahan, memberikan dukungan motivasi kepada peserta didik dalam hal Belajar dan beribadah. Serta memberikan dan mencontohkan suri tauladan Nabi dan Rasul. Guru sebagai pendidik juga harus memilki akhlak yang sesuai dengan Al-Qur‟an dan sifat-sifat Rasulullah SAW seperti kejujuran, sabar, kehormatan diri, disiplin dan tanggung jawab, cerdas, dapat dipercaya, menyampaikan pelajaran dengan baik, rajin beribadah, hormat-menghormati dan berbicara sopan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 03 Dec 2018 02:54
Last Modified: 03 Dec 2018 02:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5106

Actions (login required)

View Item View Item