PELAKSANAAN LAYANAN TERAPI CLIENT CENTERED DALAM MENGATASI KURANG PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK SMP PGRI 6 BANDAR LAMPUNG

Marika, M (2017) PELAKSANAAN LAYANAN TERAPI CLIENT CENTERED DALAM MENGATASI KURANG PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK SMP PGRI 6 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_MARIKA.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Peserta didik kelas VIII SMP PGRI 6 Bandar Lampung sebut saja X mengalami kurang percaya diri meskipun pada awalnya telah diberi terapi dan motivasi untuk berubah oleh guru Bimbingan Konseling, namun tidak berhasil dikarenakan peserta didik yang bersangkutan dengan bersikap hanya diam pada saat pelaksanaan bimbingan konseling individu sehingga pelaksanaan konseling di sekolah ini kurang maksimal. Kondisi inilah yang memotivasi penulis untuk mengungkap persoalan yang dialami oleh X dengan layanan terapi client centered, sehingga dengan dilakukan terapi tersebut diharapkan dapat merubah peserta didik yang kurang percaya diri tersebut menjadi percaya diri. Rumusan masalah yang diajukan “Bagaimana pelaksanaan layanan terapi client centered dalam mengatasi kurang percaya diri peserta didik SMP PGRI 6 Bandar Lampung”?. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu analisis data yang menekankan pada makna, penalaran, definisi suatu situasi tertentu (dalam konteks tertentu) serta menggambarkan apa adanya mengenai perilaku obyek yang sedang diteliti. Alat pengumpul data yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi, sedangkan dalam pengolahan dan analisis data langkah yang digunakan yaitu reduksi data, display data yaitu proses pemilihan dan penyederhanaan data, display data yaitu penyajian data secara utuh dan verifikasi data yaitu proses penarikan kesimpulan. Dengan menggunakan metode tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan layanan terapi client centered di SMP PGRI 6 Bandar Lampung sudah efektif sesuai dengan apa yang direncanakan sebelumnya. Hal ini dapat dilihat dari sebelum diterapkannya terapi client centered peserta didik X kurang percaya diri yaitu selalu menyendiri, pendiam, dan juga kurang bersosialisasi dengan temannya, setelah terapi diberikan oleh peneliti dan dibantu oleh guru BK, terdapat perubahan yang signifikan dalam diri peserta didik X yaitu rajin masuk sekolah, tidak melamun, tidak menyendiri, periang dan selalu memperhatikan pada saat pelajaran berlangsung dan selalu berinteraksi atau menjalin hubungan sosial dengan teman sekelasnya. Kata kunci : pelaksanaan layanan terapi client centered, kurang percaya diri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 04 Apr 2017 01:58
Last Modified: 04 Apr 2017 01:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/510

Actions (login required)

View Item View Item