PENGEMBANGAN MODUL SISTEM EKSKRESI MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE BERBASIS AYAT-AYAT Al- QUR’AN UNTUK SMA KELAS XI

Anwar, Jesica Eli (2018) PENGEMBANGAN MODUL SISTEM EKSKRESI MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE BERBASIS AYAT-AYAT Al- QUR’AN UNTUK SMA KELAS XI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (14MB)

Abstract

Pengembangan modul sebagai bagian bahan ajar dalam dunia pendidikan masih belum banyak dilakukan, bahkan tergolong sangat rendah dibandingkan dengan bidang teknologi dan industri. Pengembangan modul harus ditinjau dari lima aspek, yaitu self instructional, self contained, stand alone, adaptive dan user friendly, untuk menjadikan modul sebagai bahan ajar yang dapat dengan mudah dimengerti oleh peserta didik. Dari data hasil penelitian bahwa masih sangat rendah pengembangan modul yang digunakan guru dalam mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan modul sistem ekskresi menggunakan Pendekatan Pedagogical Content Knowledge berbasis Ayat-Ayat Al Qur’an dan mengetahui kelayakan pada modul tersebut. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian (research and development/R&D), Dalam penelitian ini, prosedur yang digunakan mengacu pada desain pengembangan Robert Maribe Branch dengan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah guru pendidikan Biologi sebagai prapenelitian, 4 dosen sebagai ahli uji produk yaitu dosen ahli materi atau bahan ajar dan dosen ahli media, ahli bahasa, dan ahli tafsir. Uji kelompok kecil oleh 2 Guru Biologi dan uji lapangan oleh 4 Guru Biologi. Pengumpulan data dan informasi melalui observasi, penyebaran angket dan studi dokumentasi terhadap sumber-sumber data yang diperlukan. Presentase kelayakan modul pada pengembangan (Development) ahli materi sebesar 77% dengan kategori layak, dan ahli media sebesar 81% dengan kategori sangat layak, ahli bahasa sebesar 69,6% dengan kategori layak, ahli soal 75,4% dan ahli tafsir 69,5% dengan kategori layak. Pada tahapan implementasi (Implementation) presentase uji skala terbatas oleh 2 Guru Pendidikan Biologi sebesar 70,6% dengan kategori layak, dan uji coba lapangan pada 4 guru pendidikan Biologi diperoleh sebesar 84,6 % dengan katagori sangat layak. Berdasarkan penjelasan dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul sistem ekskresi menggunakan pendekatan Pedagogical content Knowledge berbasis ayat-ayat Al Qur’an dinyatakan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 03 Dec 2018 02:27
Last Modified: 03 Dec 2018 02:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5098

Actions (login required)

View Item View Item