PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN QUICK ON THE DRAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDN 2 WAY DADI KECAMATAN SUKARAME BANDAR LAMPUNG

RIANTINA, ERFI (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN QUICK ON THE DRAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDN 2 WAY DADI KECAMATAN SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS dan kurangnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran kelas IV di SDN 2 Way Dadi Kecamatan Sukarame Bandar Lampung. Diperlukan pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV di SDN 2 Way Dadi Kecamatan Sukarame Bandar Lampung, yang mana dalam penelitian ini menggunakan metode pembelajaran CIRC dan quick on the draw. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ada dan seberapa besarkah pengaruh metode pembelajaran CIRC dan quick on the draw Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Way Dadi Kecamatan Sukarame Bandar Lampung. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui besar pengaruh metode pembelajaran CIRC dan quick on the draw terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN 2 Way Dadi Kecamatan Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dengan desain penelitian quasy eksperimen desain. Instrumen yang digunakan instrumen tes berbentuk multiple choice yang sesuai dengan indikator. Instrumen diuji coba dikelas IV B di SDN 1 Way Lunik dan di hitung validitas, daya beda, tingkat kesukaran, dan reabilitas. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t, sebelum dilakukan uji t data diuji prasyarat analisisnya terlebih dahulu yaitu dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data dengan perhitungan program komputer Microsoft office excel yang menggunakan analisis uji t untuk sampel yang berasal dari distribusi nilai sig = 0,000 < 0,05, dengan pengaruhnya Thitung sebesar 2.83511687 lebih besar dari Ttabel 1.99656439. Dengan kesimpulan H0 ditolak sehingga H1 diterima. Hasil uji t menyatakan bahwa H1 diterima yaitu terdapat pengaruh metode pembelajaran CIRC dan quick on the draw terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 29 Nov 2018 06:59
Last Modified: 29 Nov 2018 06:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5062

Actions (login required)

View Item View Item