GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN KINERJA GURU DI MTS AL-HIKMAH BANDARLAMPUNG

Ramadhani, Febri Putri (2018) GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN KINERJA GURU DI MTS AL-HIKMAH BANDARLAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of FEBRI PUTRI RAMADHANI.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan adalah proses mengarahkan dan mempengruhi aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan tugas dari anggota-anggota kelompok. Pemimpin mempunyai tanggung jawab baik secara fisik maupun spiritual terhadap keberhasilan aktivitas kerja dari yang dipimpin, sehingga menjadi pemimpin itu tidak mudah dan tidak akan setiap orang mempunyai kesamaan dalam menjalankan kepemimpinannya. Kepemimpinan yang diterapkan kepala sekolah sangat berpengaruh terhadap keberhasilan organisasi sekolah. Jika diterapkan didunia pendidikan, kepemimpinan pendidikan adalah kemampuan untuk mengajak, mempengaruhi, menggerakkan, membimbing, dan mengarahkan orang yang terlibat didalam pendidikan untuk mencapai tujuan. Gaya kepemimpinan demokratis kepala madrasah merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik. Semakin tinggi pengetahuan dan keterampilan kepala madrasah menganalisa situasi dan keadaan tenaga pendidik, pengaplikasian gaya kepemimpinan akan semakin tepat sehingga berpengaruh terhadap kinerja tenaga pendidik. Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam lembaga pendidikan, baik ia sebagai perencana, pelaksana, dan evaluasi pembelajaran. Kinerja guru yang tinggi dalam menciptakan pembelajaran yang berkualitas dan bermutu sangatlah menentukan keberhasilan pendidikan secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru sudah hampir mencapai kata sangat baik. Hal ini terlihat dari cara kepala madrasah dalam mengambil keputusan. Dalam memecahkan masalah selalu dilaksanakan dengan bermusyawarah, selalu melibatkan bawahan (guru, staf dan siswa) walaupun terkadang ada sedikit konflik, tetapi selalu di musyawarahkan bersama. Kepala madrasah selalu menerima kritik saran dan pendapat dengan senang. Terlihat komunikasi, yaitu adanya hubungan yang terjalin antara kepala madrasah dan bawahan secara kekeluargaan. Kepala madrasah aktif berpartisipasi dalam kegiatan v yang ada di madrasah dan memiliki sikap yang santun, sederhana, islami dan rasa kekeluargaan yang tinggi. Kata kunci: kepala madrasah, kinerja guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 27 Nov 2018 03:51
Last Modified: 27 Nov 2018 03:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5036

Actions (login required)

View Item View Item