PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada BTM BiMU Muhammadiyah, Bandar Lampung)

Wicaksono, Agung (2018) PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada BTM BiMU Muhammadiyah, Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Hal yang menarik dari anggota BTM BiMU ialah perkembangan jumlah anggota yang mengalami penurunan cukup signifikan dari tahun 2012 sampai 2017. Dari tahun 2012 yang tercatat sebanyak 2541 orang hingga tahun 2017 menjadi 759 orang. Mengingat BTM BiMU telah menerapkan strategi “jemput bola”, penurunan ini seharusnya dapat dihindari oleh strategi pemasaran tersebut namun data yang ada tidak menunjukkan hasil yang baik dari strategi pemasaran tersebut, maka dari permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk menelitinya. Berdasar kepada permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh Relationship Marketing terhadap Kepuasan Anggota BTM BiMU Muhammadiyah Bandar Lampung? Dan Bagaimana pengaruh Relationship Marketing terhadap Kepuasan Nasabah dalam Perspektif Ekonomi Islam? Dengan bertujuan untuk menjelaskan seberapa besar pengaruh strategi relationship marketing terhadap kepuasan anggota BTM BiMU Bandar Lampung. Jenis penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitian assosiatif dengan menggunakan data primer. Obyek penelitian ini di BTM BiMU Muhammadiyah Bandar Lampung dengan menggunakan purposive sampling dan jumlah responden sebanyak 90 orang menggunakan teknik slovin. Metode analisis data dengan menggunakan regresi linier sederhana, uji asumsi klasik, uji hipotesa (uji t) dan pengolahan data menggunakan bantuan aplikasi SPSS Versi 25. Berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana, didapati persamaan regresi Y=14.279+1.246X, dan dari hasil uji t, variabel relationship marketing memperoleh nilai thitung sebesar 3.946 > 1.98729 dan nilai signifikansi 0.00 < 0.05, maka ha diterima yang artinya variabel relationship marketing berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan anggota, serta hasil uji determinasi diperoleh nilai koefisien determinasi atau adjusted R Square sebesar 56.0% variabel kepuasan anggota dapat dijelaskan oleh variabel relationship marketing, dan sisanya 44.0% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model regresi ini. Sebagai saran yang berdasarkan jawaban distribusi responden dalam kuesioner, diharapkan agar BTM BiMU bisa meningkatkan penanganan konflik yang terjadi dengan memberikan pelayanan cepat tanggap dan juga lebih meningkatkan pelayanan yang terbaik guna mempertahankan kepercayaan dari setiap anggota atas nama baik BTM BiMU.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 27 Nov 2018 03:42
Last Modified: 27 Nov 2018 03:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5035

Actions (login required)

View Item View Item