EFEKTIFITAS KULIT DAN BIJI BUAH DUKU (Lancium domesticum Corr.) SEBAGAI OVISIDA TERHADAP NYAMUK Aedes aegypti (Sebagai Sumber Belajar Biologi Submateri Pencemaran Lingkungan pada Peserta Didik SMA Kelas X Semester Ganjil)

Saputra, Chandra (2017) EFEKTIFITAS KULIT DAN BIJI BUAH DUKU (Lancium domesticum Corr.) SEBAGAI OVISIDA TERHADAP NYAMUK Aedes aegypti (Sebagai Sumber Belajar Biologi Submateri Pencemaran Lingkungan pada Peserta Didik SMA Kelas X Semester Ganjil). Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Demam berdarah dengue (DBD) masih menjadi salah satu masalah kesehatan terbesar di Indonesia selama 45 tahun terakhir. Pencegahan nyamuk Aedes aegypti sebagai salah satu vektor penyakit DBD telah banyak dilakukan dengan menggunakan insektisida sintetik. Penggunaan insektisida sintetik ternyata tidak aman bagi penggunaannya dan menimbulkan resistensi vektor, sehingga dibutuhkan insektisida alami, salah satunya adalah kulit dan biji buah duku (Lancium domesticum Corr.) yang memiliki kandungan flavanoid, saponin dan triterpenoid yang dapat menghambat daya tetas telur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas kulit dan biji buah duku (Lancium domesticum Corr.) sebagai ovisida Aedes aegypti dan berapakah konsentrasi optimum yang dapat digunakan. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan empat kali pengulangan dengan konsentrasi 0% sebagai kontrol, 0,125%, 0,25%, 0,5% dan 1 % dengan telur 500 telur Aedes aegypti. Kemudian dilakukan penghitungan setiap enam jam selama tiga hari. Uji analisis yang digunakan adalah uji ANOVA satu jalur (one way ANOVA) jika F Hitung > F Tabel maka berpengaruh signifikan dan dilanjutkan uji BNT (Beda Nyata Terkecil) pada taraf 5% untuk menentukan rata-rata perlakuan yang berbeda nyata atau tidak. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ekstrak kulit dan biji buah duku dapat digunakan sebagai ovisida Aede aegypti. Konsentrasi optimum yang dapat digunakan adalah 1%. Kata Kunci : Aedes aegypty, Demam Berdarah Dengue (DBD), Kulit dan Biji Buah Duku, Ovisida

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 03 Apr 2017 01:35
Last Modified: 03 Apr 2017 01:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/503

Actions (login required)

View Item View Item