PENGARUH PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 24 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

Sari, Riska Puspita (2018) PENGARUH PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 24 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of RISKA PUSPITA SARI.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang, kelompok, kelompok orang, dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Permasalahan yang muncul pada saat pembelajaran pendidikan agama Islam adalah rendahnya hasil belajar peserta didik, di karenakan pada proses pembelajaran guru masih menggunakan metode konvensional dimana peserta didik hanya mendengarkan, dikusi. Maka peneliti menggunakan penerapan metode Picture and Picture karena peserta didik dapat aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Picture and Picture terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas VII SMP Negeri 24 Bandar Lampung. Salah satu cara yang dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam dengan menggunakan penerapan metode Picture and Picture. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment. Desain penelitian yang digunakan pada Quasy Experiment ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini di laksanakan di SMP Negeri 24 Bandar Lampung dengan teknik pengambilan sampel adalah Sampel Jenuh. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas VII E sebagai kelas Eksperimen menggunakan metode Picture and Picture dan kelas VII C sebagai kelas Kontrol menggunakan metode konvensional. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa tes dalam bentuk pilihan ganda dan dokumentasi dalam bentuk foto. Berdasarkan perhitungan uji-t yang telah dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol maka didapatkan thitung memperoleh nilai 2,32 ttabel adalah 2,00 sehingga hasilnya thitung > ttabel. Jadi, dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode Picture and Picture terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas VII SMP Negeri 24 Bandar Lampung. Kata Kunci : Picture and Picture, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 26 Nov 2018 01:56
Last Modified: 26 Nov 2018 01:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5016

Actions (login required)

View Item View Item