PENGARUH PENDEKATAN PROSES DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V MI TERPADU MUHAMMADIYAH SUKARAME

AZIZAH, RENI NUR (2018) PENGARUH PENDEKATAN PROSES DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V MI TERPADU MUHAMMADIYAH SUKARAME. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor rendahnya hasil belajar IPA adalah proses pembelajaran yang masih menggunakan pendekatan yang berpusat pada guru (teacher center) sehingga proses pembelajaran belum maksimal. Dalam proses pembelajaran peserta didik sering kali hanya mendengarkan dan mencatat materi yang disampaikan oleh guru. Sehingga peserta didik tidak terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dan kurang mampu untuk mengembangkan kemampuan berfikir kritis dalam proses pembelajaran yang menyebabkan hasil belajar yang diperoleh rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan pendekatan proses dan kemampuan berfikir kritis terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V MI Terpadu Muhammadiyah Sukarame. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan jenis eksperimennya yaitu Quasi Eksperiment, pelaksanaan penelitian dilakukan pada tanggal 23 Juli sampai dengan 23 Agustus 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Kelas V di MI Terpadu Muhammadiyah Sukarame yang berjumlah 51 Peserta didik, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah V A sebagai kelas eksprimen yang berjumlah 25 peserta didik dan V B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh Teknik pengumpul data yang digunakan adalah berupa tes (pretest dan postest) kemudian dianalisis menggunakan Microsoft Excel. Berdasarkan hasil penelitian data diperoleh thitung > ttabel yaitu 6.619 > 2.010. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran proses dan kemampuan berfikir kritis terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V MI Terpadu Muhammadiyah Sukarame.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 22 Nov 2018 02:45
Last Modified: 22 Nov 2018 02:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5005

Actions (login required)

View Item View Item