KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF MAHMUD YUNUS DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM PADA ERA KONTEMPORER

AFFANDI, IFAN NUR (2018) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF MAHMUD YUNUS DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM PADA ERA KONTEMPORER. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Banyak tokoh pendidikan islam di Sumatera Barat yang berjasa dalam pengembangan Institusi pendidikan islam, sebut saja H.M. Thabib Umar, Syekh Ibrahim Musa Parabek dengan Sumatera Thawalibnya, Rahmah El Yunusiah dengan Diniyah Putrinya. Prof. Dr. H. Mahmud Yunus dengan Normal Islamnya, Abdul Ahmad dengan Adabiyah Schoolnya dan banyak lagi yang lainnya. Skripsi ini akan mengemukakan salah satu tokoh tersebut, yaitu Prof. Dr. H. Mahmud Yunus tentang riwayat hidup, hasil karyanya dan konsep pemikirannya tentang pendidikan. Pokok-pokok pendidikan dan pengajaran adalah salah satu buku karangan beliau yang penulis harapkan dapat menjawab persoalan-persoalan pendidikan di era kontemporer, diantaranya : persoalan penduduk, persoalan wawasan, persoalan dana, dan persoalan membangun pendidikan islam secara terpadu. Selanjutnya penulis memaparkan apa saja focus masalah yang ada didalam skripsi ini yaitu, pengertian pendidikan islam, tujuan pendidikan islam, kurikulum pendidikan islam, metode pendidikan islam, pendidik, peserta didik, sarana dan prasarana, lingkungan pendidikan, evaluasi yang terjadi di era kontemporer, dengan tujuan untuk mengetahui konsep pendidikan islam di zaman sekarang dan konsep pendidikan islam menurut Mahmud Yunus, dengan menggunakan metode penelitian metode studi pustaka (Library Research) yaitu teknik pengumpulan data yang tidak langsung ditujukan pada subyek penelitian, melainkan melalui beberapa buku, dapat berupa, buku-buku, majalah-majalah, pamphlet, dokumenter, serta sumber-sumber lainnya yang relevan. Setelah dilakukan penelitian penulis menyimpulkan bahwa komponen pendidikan menurut Mahmud Yunus adalah : pendidikan, tujuan pendidikan islam, rencana pengajaran, metode pendidikan, guru, alat peraga, lingkungan pendidikan, pemberian nilai. Relevansinya yaitu pendidikan menjadi lebih maju dan modern dalam proses pembelajaran, dari tujuan pendidikan berpatokan pada pendidikan akhlak, metode yang selalu berkembang, pendidik yang harus dan mau belajar dengan kemajuan teknologi, sarana dan prasarana walaupun belum merata setidaknya sudah lebih baik, lingkunganlah yang menjadikan baik atau tidaknya seseorang, pemberian sudah banyak menggunakan penilaian dengan huruf daripada menggunakan angka walaupun angka masih menjadi hitungan dalam menentukan nilai tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 21 Nov 2018 02:21
Last Modified: 21 Nov 2018 02:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4988

Actions (login required)

View Item View Item