PENGARUH PENGGUNAAN MODELPEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTU ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DI KELAS V MIT MUHAMMADIIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Maulana, Ganda Rusman (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODELPEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTU ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DI KELAS V MIT MUHAMMADIIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (56MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pra penelitian yang telah dilakukan di MIT Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung, dalam pembelajaran IPAguru menggunakan metode ceramah dan hanya menggunakan sumber belajar berupa buku paket yang telah tersediasebagai alat bantu pembelajaran sehingga peserta didik cenderung pasif dan sulit memahami materi yang disampaikan. Maka dari itu perlu adanya inovasi-inovasi baru dalam menggunakan model pembelajaran yang melibatkan peserta didik agar lebih berperan aktif dalam proses belajar mengajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model Contextual Teaching And Learning. Model ini merupakan salah satu model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memahami materi yang dipelajari dan disampaikan oleh guru saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning berbantu alat peraga terhadap pemahaman konsep IPApada materi rangkaian listrik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design. Desain yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik Pengumpulan datadalam penelitian ini terdiri dari tesdan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V MIT Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan 2 kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen (V B) dan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol (V A). Pengujian prasyarat analisis data dilakukan dengan metode Liliefors untuk ujinormalitas dan uji Barlettuntuk uji homogenitas. Analisis data menggunakan Uji-t. Berdasarkan hasil penelitian data hitung uji-t diperoleh hasil bahwa t_hitung = 13,7857, sedangkan nilai t_tabel= 1,691. Oleh karena t_hitung>t_tabel maka H0ditolak dan H1diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning berbantu alat peraga terhadap pemahaman konsep IPApada materi Rangkaian Listrik di kelas V MIT Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 21 Nov 2018 01:47
Last Modified: 21 Nov 2018 01:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4985

Actions (login required)

View Item View Item