PENGARUH MEREK, NEGARA ASAL (COUNTRY OF ORIGIN) DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DALAM MEMILIH PRODUK TV DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Study Konsumen Di Perumahan Bandar Lampung)

Astuti, Yuli (2018) PENGARUH MEREK, NEGARA ASAL (COUNTRY OF ORIGIN) DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DALAM MEMILIH PRODUK TV DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Study Konsumen Di Perumahan Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat pada sekarang ini. Menimbulkan persaingan yang ketat antar produsen TV. Mereka bersaing untuk menciptakan keunggulan-keunggulan pada produk yang dipasarkannya. Pada saat membeli suatu produk konsumen tidak hanya melihat kualitas produk yang ditawarkannya, tetapi konsumen juga melihat merek produk yang akan dibelinya dan juga negara asal produk tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh merek, negara asal (country of origin), dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen di perumahan Bandar Lampung dalam memilih produk TV. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh merek, negara asal (country of origin), dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen di perumahan Bandar Lampung dalam memilih produk TV. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil observasi dan penyebaran kuesioner. Data diberikan kepada 100 konsumen yang telah membeli produk TV dengan menggunakan teknik non-probabiliti sampling. Untuk proses analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan alat pengolahan data SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian pada taraf signifikan 0,05 atau 5% menunjukan bahwa merek berpengaruh terhadap minat beli. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,679 > 1,98498), negara asal (country of origin) berpengaruh terhadap minat beli. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (3,487 > 1,98498), kualitas produk tidak berpengaruh terhadap minat beli. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung < ttabel (-1,165 < 1,98498). Merek, Negara asal (country of origin), dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap minat beli. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitug > Ftabel (12,615 > 1,36). Dalam hal ini merek sudah sesuai dengan pandangan ekonomi islam yaitu jual beli (muamalah) yang harus mengacu pada nilai-nilai merek yang diambil dari Al- Qur’an dan Sunnah dengan mengutamakan kejujuran sehingga meningkatkan kepercayaan diri konsumen apabila menggunakan produk tersebut dan keadilan dengan tidak adanya unsur penipuan dan manipulasi pada sebuah produk yang diproduksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Nov 2018 06:30
Last Modified: 19 Nov 2018 06:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4977

Actions (login required)

View Item View Item