STUDI KOMPARATIF PELAYANAN TAKSI ONLINE DAN TAKSI KONVENSIONAL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Taksi Puspa Jaya di Bandar Lampung)

Angraini, Putri Ayu (2018) STUDI KOMPARATIF PELAYANAN TAKSI ONLINE DAN TAKSI KONVENSIONAL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Taksi Puspa Jaya di Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUTRI AYU ANGRAINI.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Transportasi umum merupakan hal yang saat ini ramai diperbincangkan baik oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun masyarakat umum. Saat ini transportasi umum yang cepat, aman dan nyaman menjadi prioritas utama bagi masyarakat. Namun sayangnya, masyarakat saat ini sering kecewa dengan pelayanan buruk yang didapat konsumen dalam pelayanan taksi. Taksi Puspa Jaya adalah perusahaan yang sudah lama berdiri dibidang usaha jasa transportasi taksi di Bandar Lampung. Dengan adanya perbedaan jenis transportasi pasti pelayanan pun ikut berbeda, dan jumlah pesaing menimbulkan tantangan baru, bagi pihak perusahaan bagaimana agar memberikan pelayanan yang baik dan menciptakan kepuasan pelanggan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1). Bagaimana pelayanan taksi online terhadap kepuasan pelanggan? (2). Bagaimana pelayanan taksi konvensional terhadap kepuasan pelanggan? (3). Bagaimana studi komparatif pelayanan taksi online dan taksi konvensional terhadap kepuasan pelanggan dalam perspektif ekonomi Islam taksi Puspa Jaya di kota Bandar Lampung?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui bagaimana pelayanan yang ada pada taksi online terhadap kepuasan pelanggan. (2). Bagaimana pelayanan yang ada pada taksi konvensional terhadap kepuasan pelanggan. (3). untuk mengetahui dan menganalisis studi komparatif pelayanan taksi online dan taksi konvensional terhadap kepuasan pelanggan dalam perspektif ekonomi Islam taksi Puspa Jaya di kota Bandar Lampung. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah pendekatan secara kualitatif menggunakan penelitian komparatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari Perusahaan Taksi Puspa Jaya di kota Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini yaitu pelanggan taksi Puspa Jaya, Dengan sampel data 30 responden pelanggan taksi online dan konvensional taksi Puspa Jaya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, pelayanan taksi online di Puspa Jaya menggunakan pemesanan melalui aplikasi taksi online Puspa Jaya. Pelayanan waktu tunggu untuk taksi online sendiri 4,46 menit. Metode layanan yang digunakan pada taksi online yaitu menjemput penumpang dan untuk layanan jenis armada menggunakan mobil kijang toyota avanza dan innova. Sedangkan pelayanan pemesanan pada taksi konvensional Puspa Jaya melalui via telepon. Layanan waktu tunggu taksi konvensional yaitu 7,79 menit. Metode layanan pada taksi konvensional yaitu menunggu penumpang dan untuk layanan jenis armada menggunakan mobil sedan Honda City. berdasarkan tanggapan responden pada kualitas pelayanan jasa taksi online dan konvensional rata-rata responden memberi tanggapan baik kepada jasa transportasi taksi online dibanding taksi konvensional, karena taksi online dalam sehari mencapai ±40 orderan, sedangkan taksi konvensional hanya ±30-35 orderan dalam sehari. bukan karena alasan lebih cepat, mudah dan efisien saja. Pengguna taksi rupanya juga memperhatikan sopan santun, keramahan supir, dan kebersihan taksi dalam membandingkan pelayanan jasa taksi. Perubahan pelanggan dari taksi konvensional ke taksi online bukan tanpa sebab, melainkan keberadaan taksi online yang bisa dipesan melalui aplikasi smartphone menjadi alternatif di tengah kesulitan menghubungi taksi konvensional. Hal ini sejalan dengan konsep Ekonomi Islam, dimana pelayanan harus bersifat jujur, adil dan bersih sehingga tidak ada yang dirugikan dalam setiap pelayanan dalam prinsip Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Nov 2018 06:23
Last Modified: 19 Nov 2018 06:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4975

Actions (login required)

View Item View Item