PENGARUH KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

ALDINA, TIARA YULI (2018) PENGARUH KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of TIARA YULI ALDINA.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Keterampilan manajerial kepala madrasah adalah kemampuan yang dimiliki seorang pemimpin untuk melaksanakan tugasnya sehingga terjadi kelancaran dalam pendidikan dan tercapainya suatu perencanaan yang telah dipersiapkan. Ada 3 keterampilan yang harus dimiliki seorang Kepala Madrasah, yaitu keterampilan konseptual adalah kemampuan menciptakan konsep-konsep baru dalam mengatasi masalah; keterampilan hubungan manusiawi atau humanis adalah kemampuan melakukan komunikasi dengan baik, bergaul akrab, bisa bekerjasama, menciptakan iklim kerja yang kondusif; keterampilan teknik adalah keterampilan dalam melaksanakan tugas-tugas langsung di lapangan dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif keterampilan kepala madrasah terhadap kinerja guru di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Populasi penelitian ini adalah 90 orang guru dan staff di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 45 orang menggunakan teknik sampling sistematis. Pengambilan sampel atau perwakilan populasi sebanyak 25 orang. Untuk membuktikan hipotesis dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik angket/kuisioner. Uji validitas menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach dengan bantuan dari SPSS v.16 for Windows. Uji asumsi yang dilakukan adalah uji normalitas dan linieritas. Uji Hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh tentang Pengaruh keterampilan manajerial kepala madrasah terhadap kinerja guru dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif antara Keterampilan Manajerial Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai korelasi variabel X dan Y sebesar 0,568 dengan taraf signifikansi 5%. Diperoleh pula R Square sebesar 0,323. Adapun besarnya pengaruh Keterampilan Kepala Madrasah yang berpengaruh positif terhadap Kinerja Guru sebesar 32,3% dan sisanya 67,7% disebabkan oleh faktor-faktor lain yang bukan fokus pembahasan dalam penelitian ini, seperti: gaji yang merupakan salah satu bentuk dari apresiasi atas prestasi kerja yang diberikan kepada seorang guru, sarana dan prasarana merupakan semua perangkat dan peralatan yang digunakan secara langsung dalam proses pendidikan di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Nov 2018 04:00
Last Modified: 19 Nov 2018 04:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4974

Actions (login required)

View Item View Item