ANALISIS PEMBIAYAAN PRODUK CICIL EMAS TERHADAP MINAT NASABAH DI BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG

Aslamy, Faisal Afresdo (2018) ANALISIS PEMBIAYAAN PRODUK CICIL EMAS TERHADAP MINAT NASABAH DI BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Bank Syariah Mandiri mengeluarkan produk cicil emas yaitu produk pembiayaan konsumtif yang bersifat investasi dengan tujuan menarik minat nasabah. Produk cicil emas menggunakan akad murabahah. Untuk menjaga keberlangsungan produknya, Bank Syariah Mandiri harus menerapkan perbaikan mekanisme produk mulai dari syarat-syarat, ketentuan yang tidak memberatkan, pelayanan yang maksimal, dan strategi promosi diterapkan dengan baik dan efektif yang bertujuan menarik minat nasabah sehingga berdampak pada meningkatnya jumlah nasabah dan penyaluran dana yang maksimal. Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah penelitian, yaitu: Bagaimana strategi promosi produk cicil emas terhadap minat nasabah di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Teluk betung Bandar lampung, Bagaimana syarat, ketentuan, dan resiko produk cicil emas terhadap minat nasabah di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Teluk betung Bandar lampung dan Bagaimana kualitas pelayanan produk cicil emas terhadap minat nasabah di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Teluk betung Bandar lampung. Tujuan masalah penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui strategi promosi produk cicil emas terhadap minat nasabah di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Teluk betung Bandar lampung, Untuk mengetahui syarat, ketentuan, dan resiko produk cicil emas terhadap minat masyarakat di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Teluk betung Bandar lampung dan Untuk mengetahui kualitas pelayanan produk cicil emas terhadap minat nasabah di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Teluk betung Bandar lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif dan sifat penelitian analisis deskriptif, didukung dengan studi kepustakaan (library reseach). Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan observasi (pengamatan), wawancara (interview) dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pembiayaan produk cicil emas terhadap minat nasabah di Bank Syariah Mandiri Kc Teluk betung yaitu strategi promosi yang tidak efektif dan efisien sehingga semua masalah yang ditimbulkan berdampak pada kepuasan dan minat nasabah terhadap produk cicil emas di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Teluk betung Bandar Lampung. Dalam syarat-syarat dan ketentuan pembiayaan produk cicil emas terbilang memberatkan nasabah namun seperti: blokir 1x angsuran atau angsuran dibayar diawal bersamaan dengan pengenaan biaya-biaya yang banyak dan kualitas pelayanan pembiayaan produk cicil emas dari segi Responsivness yang terbilang kurang maksimal dirasakan oleh nasabah dalam proses melakukan pembiayaan produk cicil emas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Nov 2018 02:32
Last Modified: 19 Nov 2018 02:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4967

Actions (login required)

View Item View Item