PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DILENGKAPI TEKA-TEKI SILANG BERBASIS FLASH PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA KELAS XI SMA/MA

SAPUTRA, APRI BAYU (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DILENGKAPI TEKA-TEKI SILANG BERBASIS FLASH PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA KELAS XI SMA/MA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam proses belajar Ilmu Pengetahuan Alam khususnya biologi, belajar seharusnya lebih dari sekedar menerima informasi, mengingat dan menghafal. Bagi siswa untuk benar-benar mengerti dan dapat menerapkan ilmu pengetahuan, harus bekerja untuk memecahkan masalah dan menemukan ide-ide. Tugas guru tidak hanya menuangkan sejumlah informasi pada siswa, tetapi mengusahakan bagaimana konsep-konsep penting dan sangat berguna tertanam kuat dalam pikiran siswa. kelayakan media pembelajaran interaktif dilengkapi teka-teki silang berbasis flash pada sub materi sistem gerak manusia pada kelas XI (sebelas) SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian Research And Development (R&D). Populasi dari penelitian ini adalah kelas XI IPA I dan XI IPA II SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/ 2017. Langkah-langkah yang terdiri dari mempelajari temuan penelitian yang berkaitan dengan produk yang akan dikembangkan, mengembangkan produk berdasarkan temuan, pengujian produk dimana produk tersebut akan digunakan, dan merevisinya untuk memperbaiki kekurangan yang di temukan dalam tahap pengujian. Pada tahapan selanjutnya pada penelitian R&D, siklus ini diulang sampai hasil uji coba menunjukkan bahwa produk tersebut memenuhi tujuan dan layak digunakan Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa nilai media yang telah dibuat kemudian diujikan kepada validator pada bidang masing-masing diantaranya uji ahli materi memperoleh nilai 29 dari jumlah nilai 36 dengan persentase 83,44%. Kemudian uji ahli desain/media memperoleh jumlah skor65 dari jumlah skor 72 dengan persentase 90,28% . Sedangkan uji ahli kebahasaan mendapatkan sekor 18 dari jumlah skor 24 dengan persentase 75%. Pada uji ahli evaluasi mendapatkan skor 42 dari jumlah skor52 dengan persentase 80,77%. Dari jumlah keseluruhan nilai validasi maka media yang dibuat sudah layak digunankan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Nov 2018 02:29
Last Modified: 19 Nov 2018 02:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4966

Actions (login required)

View Item View Item